Perang Dagang Smartphone

Tak Mau Kalah dari Huawei & Samsung, Apple Benamkan Fitur Ini

Iphone 11. (Foto Net)

Benarkah Apple tidak bisa mengalahkan dua rival terbesarnya (Huawei dan Samsung) dalam hal teknologi pengisian daya? Karena, Meski benar nanti ada teknologi ‘powerbank nirkabel’ di iPhone terbaru, masalahnya, iPhone tidak memiliki fitur Fast Charging, Lantas bagaimana?

Jakarta, Akuratnews.com - Bukan rahasia umum jika 'perang dagang' antar kompetitor pabrikan smartphone dunia terus berlangsung. Dari perang kecanggihan antar platform android vs Apple hingga kecanggihan fitur pelengkap ponsel pintar yang memudahkan para konsumen, 'Perang terbuka' kian sengit, dan salah satu fitur yang berpengaruh ini adalah fitur power bank tanpa kabel.

Sebelumnya, memanfaatkan kecanggihan power bank tanpa kabel yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015 oleh IDT, dua pabrikan raksasa asal Cina dan Korea, Huawei dan Samsung telah membenamkan fitur canggih power bank tanpa kabel untuk memanjakan konsumen mereka berlama-lama dengan produk-produk kedua pabrikan tersebut, hal ini turut meraup untung bagi kedua pabrikan tersebut.

Diketahui, pengisian daya nirkabel terbalik berbasis Qi itu, saat ini hanya tersedia di dua smartphone premium yang juga sudah edar di Indonesia yakni seri Galaxy S10 dan Huawei Mate 20 Pro. Lantas bagaimana dengan Apple?

Tak mau kalah dengan dua 'musuh' bebuyutannya ini, Apple pun memperkenalkan teknologi ‘powerbank tanpa kabel’ yang akan dibenamkan di iPhone.

Sumber rantai pasokan, seperti dikutip dari situs selular.id, mengungkapkan, di iPhone 11 atau apa pun namanya kelak, akan datang dengan dukungan Wireless PowerShare yang kurang lebih serupa dengan power bank nirkabel.

Di ranah Apple, memiliki Wireless PowerShare berarti Anda bisa mengisi daya Apple Watch tanpa membawa charger Watch sendiri. Selain itu, AirPods edisi kedua, yang baru diumumkan minggu lalu, tersedia dengan kasing yang bisa diisi secara nirkabel.

Kendati demikian, tampaknya Apple tidak bisa mengalahkan dua rival terbesarnya (Huawei dan Samsung) dalam hal teknologi pengisian daya. Karena, Meski benar nanti ada teknologi ‘powerbank nirkabel’ di iPhone terbaru, masalahnya, iPhone tidak memiliki fitur Fast Charging.

Apple menjual terpisah adaptor PowerDelivery 18W, di mana Anda memerlukan USB-C tambahan untuk kabel Lightning, keduanya berharga total sekitar $50 setara Rp710.000.

Nah, kabarnya, kombo itu akan dibundel di iPhone generasi berikutnya, yang akan mempertahankan port Lightning. Solusi itu tentu tidak sehebat memiliki port USB-C langsung di smartphone, tetapi langkah awal lebih baik daripada tidak ada kemajuan sama sekali.

Dalam hal ini Apple tak mau pasar smartphone-nya terus menerus tergerus dua kompetitornya tersebut. Khusus untuk pasar Cina sendiri, Konsumen Apple kian surut digerus kekuatan Huawei.

Editor : Red/Akuratnews.com

Penulis:

Baca Juga