oleh

Tanah Amblas, Warga Minta Pemkot Depok Segera Lakukan Perbaikan

Depok, Akuratnews.com – Jalan Lingkungan sebagai jalan penghubung antara wilayah di RW 06 dan warga perumahan Permata Depok, Pondok Jaya, Cipayung, Kota Depok amblas tergerus aliran air kali Playangan pasca hujan lebat pada Saptu,(3/11/2018) sore.

Akibat jalan yang longsor, akses jalan di wilayah RW 04 RT 008 sempat terputus. Lantaran itu, warga minta pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bisa cepat perbaiki kondisi jalan yang amblas. Sementara, sebagai antisipasi terjadi bahaya, puluhan warga sekitar lakukan perbaikan jalan dengan bahan seadanya, Minggu,(4/11/2018) siang.

“Longsornya jalan itu karena Saptu kemarin aliran air kali yang deras karena hujan lumayan lama dan deras juga,” kata Dimas, warga sekitar lokasi jalan yang longsor.

Menurutnya, baru siang tadi warga sekitar kerja bakti perbaiki jalan yang amblas akibat tanah pinggir kali yang longsor tergerus air, Saptu kemarin. “Saya dan warga lain membuat bantalan penahan jalan yang longsor pakai puing-puing bangunan. Untuk penahannya kami buat dari bambu,” ujarnya.

Ketua RT 008 RW 04 Pondok Jaya, Husin, mengatakan upaya yang dilakukan para warga untuk menghindari terjadinya korban karena hampir setengah jalan yang amblas.

“Nama jalan yang longsor, jalan Haji Nalih. Jalan itu lebarnya sekitar dua meter. Sekarang, hampir setengahnya longsor dan bahayakan warga yang lewat,” kata Husin dilokasi jalan yang amblas.

Seperti dikatakan Elok, sebelumnya di tempat yang sama di jalan itu juga pernah amblas tapi tidak separah kejadian sekarang. Khawatir membahayakan, dirinya berharap pihak pemerintah Kota Depok bisa segera merespon kejadian ini.

“Saya dan warga pastinya berharap Pemda Depok bisa cepat perbaiki jalan yang amblas. Bisa bahaya kalo tidak cepat diperbaiki secara permanen,” kata warga yang tempat tinggalnya persis di seberang jalan yang amblas.

Pantauan Akuratnews, lebar jalan Haji Nalih sekitar dua meter, kini hampir setengah dari lebar jalan itu amblas ke kali Playangan. Sepanjang jalan yang letaknya persis di pinggir kali itu juga sebelumnya pernah terjadi amblas di beberapa titik.

Tidak jauh dari lokasi jalan yang amblas, pihak Pemkot Depok sedang lakukan pekerjaan penurapan dan normalisasi kali. Anggaran pekerjaanya hampir mencapai 1 miliar. (Eko)

Loading...

Komentar

News Feed