Pengumuman Pemenang Pilpres 2019

Tanggal 22 Mei, Jenderal Andika Siapkan 160 Ribu Tentara, Untuk Apa?

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto istimewa).

Jakarta, Akuratnews.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa telah menyiapkan sedikitnya 160 ribu tentara untuk pengamanan pada saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi pemilihan Presiden, pada tanggal 22 Mei 2019.

"Tugas kita pengamanan seperti yang kita lakukan sebelum masa kampanye. Kita libatkan dari AD saja sekitar 163 ribu personel," ujar Jenderal TNI Andika Perkasa di kantor Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Senin, 6 Mei 2019.

Pengerahan 160 ribuan tentara ini atas permintaan dari institusi Polri. Namun begitu, khusus untuk pengamanan jumlahnya lebih dari yang diminta Polri.

Selain pengerahan pasukan, TNI AD juga sudah melakukan pemetaan daerah rawan konflik di Pilpres 2019 ini. Hasil dari pemetaan itulah yang membuat TNI AD mengerahkan tentaranya lebih dari yang diminta Polri. Selain 160 ribu tentara, kemungkinan Andika juga menyiapkan pasukan tambahan.

"Kami berusaha mempelajari wilayah dimana letak rawan konflik. Jadi kami menyiagakan lebih dari yang diminta," ujarnya.

Penyiagaan pasukan TNI AD itu sudah dilakukan sejak berbagai tahapan pemilu 2019 diselenggarakan. Tepatnya sejak tahapan kampanye, Pemungutan Suara hingga proses penghitungan hingga pengumuman pemenang pilpres serta para anggota DPR RI, DPRD I dan DPRD II hingga DPD RI.

Penulis:

Baca Juga