Yuk Dicoba.. Resep Empon-empon Ini Bisa Jadi Cara Alternatif Tangkal Corona

Jakarta, Akuratnews.com - Sejak dahulu, rempah-rempah atau yang dalam kesehariannya di Indonesia dikenal dengan nama empon-empon, dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.

Termasuk pula mampu menangkal infeksi virus Corona (COVID-19) yang belakangan ini tengah mewabah. Akibatnya, empon-empon kini laris manis di pasaran diserbu masyarakat.

Pada dasarnya empon-empon merupakan rempah-rempah kelompok rimpang seperti kunyit, temulawak, serta jahe yang merupakan obat-obatan tradisional peninggalan nenek moyang.

Beberapa tanaman herbal jenis rimpang ini telah diteliti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, maupun anti virus.

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, empon-empon bisa dibuat sendiri di rumah. Bahkan jahe bisa diminum sebagai minuman yang langsung bisa diseduh dengan air panas dan ditambah sedikit gula.

Berikut ini resep membuat minuman dari empon-empon:

Bahan-bahan:
1.5 lt air
250 gr jahe, cuci bersih
150 gr temulawak, cuci bersih, memarkan
100 gr kunyit, cuci bersih, memarkan
5 cm kayu manis
5 batang serai, memarkan
250 gr gula aren, sisir halus
½ sdt garam

Cara membuat:
1. Bakar jahe diatas api sedang, lalu memarkan.

2. Rebus air dalam panci, tambahkan jahe temulawak, kunyit, kayu manis, gula aren, garam, dan serai. Masak dengan api kecil hingga cairan menyusut ±750ml, lalu angkat.

3. Saring, pindahkan ke dalam gelas saji, sajikan selagi hangat. Jika ingin minuman lebih segar, tambahka perasan air jeruk nipis.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga