Tangkap 4 Terduga Penyelundup, Polda Metro Jaya Sita 1 Juta Barang Ilegal

1 juta lebih barang ilegal yang disita Polda Metro Jaya. (Foto dok. Akuratnews)

Jakarta, Akuratnews.com - Subdit I Indah Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, mengungkap tindak pidana kesehatan pangan dan perlindungan konsumen, berupa barang kosmetik, obat-obatan dan barang Ilegal lainnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan berdasarkan hasil laporan pada tanggal 27 Juli dan 7 Agustus 2019. Dari hasil penyelidikan, polisi berhasil mengamankan barang-barang ilegal di dua tempat yang berbeda, di Pelabuhan Marunda Bekasi dan di perumahan Dadap Kota Tanggerang.

Barang-barang yang disita sebanyak 1.024.193 obat-obatan dan kosmetik berbagai macam jenis seperti 4350 Bahan pangan, 774.036 suku cadang kendaraan, 48.641 barang elektronik dan 8 truk besar merek Fuso.

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Gatot Eddy Pramono menjelaskan, barang2 ilegal ini masuk dari China dan Malaysia melalui pelabuhan gudang johor, kemudian mengunakan truk ke perbatasan wilayah Indonesia dan di selundupkan ke Kalimantan Barat. Kemudian, dari pontianak barang selundupan itu masuk pelabuhan Tegar Marunda Bekasi.

Menurut Kapolda, akibat barang selundupan itu, negara di rugikan Rp.67 miliar dalam waktu satu minggu.

Sedangkan Kerugian negara yang di hitung berdasarkan penghitungan bea masuk selama satu minggu, Rp17 miliar lebih.

Polda metro jaya berhasil mengamankan
4 orang pelaku, inisial PL, H. EK, AH. Semua pelaku dijerat dengan pasal 197. UU No 36 tahun 2014 tentang kesehatan dengan ancaman penjara maksimal 15 tahun penjara. **

Penulis: Suroso
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga