Target Rp1 Miliar, IKANAS STAN Galang Donasi Tenaga Medis

Jakarta, Akuratnews.com - Melawan wabah Corona di Indonesia tak bisa dihadapi sendiri. Sejumlah lapisan masyarakat mulai turun bahu membahu memerangi penyebaran virus bernama lain Covid-19 ini.

Salah satu caranya dengan mendukung tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam mengatasi wabah virus Corona.

Seperti yang dilakukan Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Tinggi Kedinasan (IKANAS) STAN. Mereka ikut serta menyatukan kekuatan dalam mendukung tenaga medis melalui kampanye penggalangan dana #ALUMNISTANBERGERAK dengan target donasi hingga Rp1 miliar.

Ketua IKANAS STAN, Helmy Yahya menuturkan, sejak diluncurkan 21 Maret hingga hari ini telah terkumpul donasi sebanyak Rp879 juta melalui rekening IKANAS STAN dan kitabisa.com. Masing-masing terkumpul Rp528 juta dan Rp351 juta.

Helmy menambahkan bahwa hasil donasi tersebut disalurkan kepada 25 Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Swasta di 18 kota di Indonesia yang dibagi dalam empat tahap.

"Penyaluan donasi tahap pertama telah diberikan pada RSCM Jakarta, RSUP Adam Malik Medan, dan RSUD dr. Moewardi Solo pada tanggal 24 Maret 2020. Bantuan yang diberikan berupa APD, masker, surgical gown, surgical cap, handrub, handschone, dan kacamata google," ujar Helmy, Kamis (2/4).

Adapun tahap kedua hasil donasi telah diserahkan pada 31 Maret 2020 kepada RSUP Persahabatan Jakarta, mulai dari APD, masker, hand sanitizer hingga susu.

Bantuan yang sama tahap dua telah dikirim ke rumah sakit lainnya, antara lain RS Bogor, Jabar, RS Tulungagung Jatim, RS dan Klinik Rawat Inap Karanganyar Jateng, Klinik Kedaung Brimob Tangsel Banten, RS Mitra Pratama Jati Asih Jabar, RS Advent Lampung, dan RS Karyadi Semarang Jateng.

Hingga kini, IKANAS STAN masih membuka laman donasi baik melalui rekening IKANAS STAN maupun kitabisa.com dengan target hingga Rp1 miliar. Helmy beserta IKANAS STAN mengajak semua alumni STAN dan masyarakat Indonesia untuk dapat berdonasi.

“Semoga melalui aksi yang kita lakukan bersama, dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi tenaga medis dan untuk Indonesia, agar bisa melalui dan mengatasi wabah Covid-19 ini dengan lebih baik,” ujarnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga