Tarik Rp500 Ribu, Calo SIM Ini Ngaku Punya Orang Dalam

Surabaya, Akuratnews.com - Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya membekuk calo Surat Ijin Mengemudi (SIM), Ruby Periyapto (33) di rumahnya di Jl Banyu Urip Utara Gg V, Selasa (19/11).

Calo SIM yang biasa beroperasi di Jl Ikan Kerapu, Satpas Colombo, Surabaya ini ditangkap setelah petugas mendapat laporan dari beberapa korban yang merasa tertipu. Rata-rata korban penipuan ini sudah mengeluarkan uang Rp500 ribu.

Berdasarkan pengakuannya, tersangka meminta uang kepada calon pemohon SIM baru yang ditemui di depan Satpas Colombo.

"Karena teman saya yang biasa mengurus ke dalam menarik Rp450 ribu, maka orang yang mau bikin SIM baru saya mintai dana Rp 500 ribu. Jadi saya dapat untung Rp50 ribu tiap orang," ungkapnya.

Saat dikorek informasi terkait temannya yang biasa mengurus ke dalam, ia berdalih belum pernah bertemu secara langsung, dan hanya berkomunikasi melalui ponsel.

"Saya kenal di Facebook, dia meminta untuk pengurusan secara kolektif minimal 10 orang, tapi setelah dihubungi HP-nya mati," tambahnya.

Untuk meyakinkan calon korbannya,tersangka lebih dahulu memalsukan surat keterangan permohonan SIM yang dibuat di warnet.

"Saya ambil surat keterangan permohonan di Google, lalu saya print," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya Iptu Bima Sakti mengatakan, pihaknya menangkap tersangka setelah mendapat laporan dari masyarakat yang merasa tertipu atas pembuatan SIM baru.

"Setelah dilakukan penyelidikan, kami dapat mengamankan tersangka bersama barang bukti guna membuat surat keterangan permohonan SIM," ungkap Bima Sakti.

Selain tersangka, polisi juga turut mengamankan beberapa barang bukti, permohonan SIM baru, lima flasdisk dan empat lembar STNK palsu.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang peniouan dan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen negara dengan ancaman pidana empat tahun penjara.

Penulis: Moris
Editor:Redaksi

Baca Juga