Taufik Kurniawan Tersangka, Eggi Sudjana Minta KPK Tunjukkan Barang Bukti

Jakarta, Akuratnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menetapkan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan sebagai tersangka korupsi terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupten Kebumen, Jawa Tengah.

Merasa ada yang janggal dengan penetapan tersebut, Anggota Timses Prabowo - Sandi, Eggi Sudjana mengatakan, sesuai dengan Pasal 184 KUHAP, KPK harus memperlihatkan kepada publik barang bukti keterlibatan Taufik dalam kasus tersebut.

"(Barang bukti) Disampaikan ke masyarakat. Ini dua alat buktinya. Jangan diceritain tersangkanya aja tapi alat buktinya mana? Minimal dua alat bukti. Satu, dokumen kedua keterangan saksi. Itu yang harus diberitahu. Siapa saksi dan dokumennya, baru sah tersangka," ujar Eggi di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

KPK lanjut Eggi, sudah terlibat dan ikut bermain dalam politik jika tak bisa tunjukkan dua alat bukti.

"Sudah mendeskritkan gara-gara pak Amien Rais kemarin ke KPK, langsung dibales gini," kata dia.

Politikus PAN ini menandaskan, ia bukan membela lantaran Taufik bagian dari partai yang sama. Namun kata dia, penegakan hukum tak boleh terjebak posisi Taufik yang kini berada di oposisi atau tidak.

"Mestinya kelompok sana (kubu Jokowi) juga begitu. Kalau kita lihat Bupati, Gubernur dan Walikota (korupsi) banyak dari PDIP itu. Itu kan PDIP semua, Kebumen sama Cirebon. Jadi revolusi mental Jokowi itu sontoloyo," pungkas Eggi. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga