Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sidoarjo Gelar Pelatihan Kerja

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi (berada di podium) saat menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan barista di Pendopo Kantor Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo
Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi (berada di podium) saat menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan barista di Pendopo Kantor Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo

AKURATNEWS - Akibat pandemi Covid-19, angka penangguran di Kabupaten Sidoarjo telah mengalami lonjakan hingga 10,97 persen.

Guna menekan angka pengangguran itu, Pemkab Sidoarjo tergerak dan hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pembekalan berupa pelatihan kerja yang kreatif, bernilai dan berdaya saing. Yakni, pelatihan barista atau peracik/penyaji kopi profesional.

Kali ini, kegiatan pelatihan yang dimotori Disnaker Sidoarjo itu, digelar di Pendopo Kantor Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo pada 25 Mei - 4 Juni 2021 dan diikuti 32 peserta.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi saat membuka kegiatan tersebut, dia berharap pelatihan ini bakal tercipta tenaga kerja yang mumpuni, kompeten dan produktif, sehingga mampu bersaing dengan tenaga asing.

"Juga, kelak para peserta dapat membuka lapangan kerja dan mengembangkannya. Dengan begitu, berarti, mereka turut membantu pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran di Sidoarjo," katanya.

Kemudian, Kadisnaker Sidoarjo, Fenny Apridawati menegaskan, program kegiatan pelatihan ini untuk mewujudkan visi/misi Bupati Ahmad Muhdlor dan Wabup Subandi berupa penciptaan 100 ribu lapangan kerja.

Selain itu, Fenny pun meminta para peserta serius mengikuti pelatihan ini. Karena, seusai kegiatan, mereka diberikan kesempatan mengikuti uji kompetensi yang diadakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Jika para peserta itu lulus uji kompetensi dan peroleh sertifikat, tentu mereka bisa buka usaha sendiri atau bekerja di tempat lain. Bahkan, Pemkab akan memfasilitasi mereka yang ingin membuka usaha atau lapangan kerja," tandasnya.***

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga