Tekanan Mental Bisa Jadi Faktor Pendorong Timbulnya Penyakit

Jakarta, Akuratnews.com - Penyebab seseorang mengidap sebuah penyakit tak hanya dikarenakan adanya virus atau bakteri belaka.

Selain faktor tersebut, kondisi mental sang pengidap juga menjadi salah satu faktor pendorong dan dapat memperberat upaya penyembuhan.

"Dalam beberapa penyakit tertentu, faktor kecemasan yang berakibat tekanan mental juga berpengaruh. Karena dalam pikirannya tidak ada motivasi supaya sembuh. Salah satu contoh kasusnya adalah para penderita HIV-AIDS. Mayoritas mereka tertekan akan fakta jika mereka mengidap dan tak sembuh dari penyakit ini," ujar CEO Behave Clinic, dr Dicky Oktrianda di sela-sela Grand Opening Behave Clinic di Jakarta, Sabtu (27/4).

Melihat banyaknya kondisi seperti di atas, maka klinik Behave hadir dan coba menyediakan layanan terpadu dimana pengidap penyakit dapat berbagi cerita dan permasalahan sehari-hari, melakukan pemeriksaan fisik dan merehabilitasi keadaan emosional.

"Kita punya sejumlah konselor yang bisa menjadi perantara untuk melakukan program recovery dan rehabilitasi bagi mereka. Konselor kita juga siap mendengar semua unek-unek mereka," papar Dicky.

Selain HIV-AIDS, kecanduan terhadap narkoba juga kerap membuat seseorang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

"Kita bantu mereka lepas dari kecanduan dan permasalahan yang menyertainya agar dapat menemukan makna hidup yang sesungguhnya, yakni meraih kebahagiaan," ujar Dicky.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga