oleh

Teknologi Digital Pengaruhi Ekonomi

Jakarta, Akuratnews.com – Kehadiran teknologi digital kian berkembang. Hal tersebut juga mendorong revolusi industri 4.0 yang berkembang melalui digitalisasi di segala lini kehidupan.

Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan mengatakan revolusi industri 4.0 dapat mengubah banyak kegiatan ekonomi di Indonesia.

“Selain karena kebijakan ekonomi AS, Jepang, Eropa, China kita juga harus siapkan ekonomi kita terhadap perubahan teknologi digital yang begituan cepat,” ujarnya saat pemaparan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi  dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2018, di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, hadirnya kecerdasan buatan, internet di segala lini dapat mengubah banyak kegiatan ekonomi di Indonesia. Sehingga ia meminta agar Indonesia bukan hanya mampu beradaptasi namun juga mampu berinovasi.

“Kita bicara industri 4.0, artificial intelligence, kita bicara internet of things, semua bisa mengubah banyak sekali kegiatan ekonomi di Indonesia,” ungkapnya.

“Kita harus mampu siapkan keuangan,  masyarakat agar mampu tidak hanya beradptasi terhadap perubahan teknologi atau bahkan berinovasi dengan berbagai macam inovasi dan keuangan negara,” imbuhnya.

Agar bisa berapdatasi kata dia, Pemerintah fokus belanja negara di bidnag perbaikan kualitas SDM, dari porsi anggaran pendidikan diberikan 20 persen, kesehatan 5 persen, dan belanja sosial untuk melindungi kelompok mayarakat yang tidak mampu.

“Dengan itu seluruh proses akuntabilitas keuangan negara semakin membaik dan ini bukan perjalanan akhir,” pungkasnya. (Muj)

Komentar

News Feed