Teknologi Melahirkan Generasi Menunduk, Benarkah?

Opini, Akuratnews.com - Beberapa waktu lalu di WA Grup teman teman sekolah saya ada yang memposting undangan untuk reuni, sangat banyak yang merespon undangan tersebut, semua anggota grup sangat antusias membahas rencana reuni itu, notif terbanyak di Hp saya saat itu, ya... dari WA Grup teman sekolah yang sibuk membahas untuk acara reuni.

Konsep sudah matang, panitia sudah terbentuk, lokasi sudah sepakat, tapi, apa yang terjadi pada saat hari pelaksanaan?!? 75% peserta reuni sibuk dengan Hp nya masing masing, bahkan mereka tidak tau susunan acaranya, mereka tidak tau apa yang di omongin panitia, mereka turun dari Bus rombongan langsung duduk di gelaran karpet yang sudah di sediakan lalu menunduk sibuk dengan Hp nya masing masing.

Canggihnya teknologi memang sangat membantu kita, juga memudahkan kita untuk mengakses segala macam hal, di jaman pos modern seperti sekarang ini teknologi sangat kita butuhkan, siapapun dia orangnya, Pajabat, Guru, TNI, Polisi, wartawan, buruh pabrik, kuli bangunan, mahasiswa, pelajar, emak emak,  hampir semua orang bergantung pada kecanggihan teknologi, tetapi alangkah bijaknya jika kita bisa menahan diri untuk lebih menghargai dunia nyata yang ada di depan mata.

Menurut saya pribadi ini adalah jaman yang benar benar modern, super duper modern sampai membuat orang menunduk, di dalam mobil, di Bus way, di kereta,di cafetaria, di Mall, semua orang menunduk sibuk mengutak atik Hp."tiada menit tanpa Hp" segitu dahsyat nya kah teknologi hingga membuat semua orang menunduk dan tidak peduli apa yang ada di sekitar, generasi era post modern adalah generasi menunduk, generasi yang menghasilkan ketidakpekaan terhadap lingkungan sekitar, generasi yang senang menyendiri sibuk dengan gadgetnya, semua sibuk menunduk asik dengan aplikasi, chating, game, sosial media dan sebagainya, tidak mau tau apa yang terjadi di sekeliling.

Saya pribadi pun sangat bergantung pada teknologi yaitu jaringan internet, sebagai seorang jurnalis sehari hari saya harus di depan laptop atau smartphone untuk menulis berita hasil liputan dan langsung di kirim ke redaksi melalui email, tetapi saya masih bisa membagi waktu, kapan saatnya saya harus menunduk.

Beberapa waktu lalu ada kejadian seorang penumpang ojeg online di rampas Hp nya lalu jatuh dari motor, ada juga seorang anak kecil tenggelam di kolam renang, itu semua terjadi karena sedang asik menunduk, siapa yang mau di salahkan?!?

Tanpa kita sadari bahwa teknologi telah melahirkan "generasi menunduk" setuju atau tidak dengan tulisan ini, fakta di lapangan dari pandangan mata saya dimanapun tempatnya semua orang menunduk sibuk dengan gadget nya.

Saya menulis artikel ini bukan untuk menyudutkan siapapun, saya hanya ingin agar setiap individu bisa lebih peka lagi terhadap apa yang terjadi di sekitar kita, bijaklah dalam menggunakan gadget karena pada kenyataannya tanpa gadget seharian pun kita masih baik baik saja, kita ngga akan ketinggalan update terbaru, Semua tergantung dari diri kita sendiri seberapa butuh kita dengan teknologi.

...menunduklah pada tempatnya agar terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan...

Penulis: Didi R Muryadi

Baca Juga