Teknologi Plasma Gasifikasi Enchanced Diklaim Solusi Penanganan Sampah di Kabupaten Sidoarjo

Bupati Saiful Ilah (kanan) bersama tim investor LT saat melihat kondisi TPA sampah di Jabon. foto: istimewa

Sidoarjo, Akuratnews.com - Pengelolaan sampah dengan menggunakan teknologi ini, bisa menjadi solusi penanganan sampah di Kabupaten Sidoarjo yang telah mencapai ribuan ton setiap harinya.

Itulah teknologi Plasma Gasifikasi Enchanced (PGE) yang dipresentasikan tim investor Langenburg Technologies (LT) saat berkunjung menemui Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah di transit room, Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Senin (15/7/2019).

"Teknologi PGE merupakan inti proses dan secara sistematis mampu mengelola sampah lebih bermanfaat, "kata teknikal LT, Hendri Suwarno.

Dijelaskan, teknik ini bisa memproses sampah ribuan ton perhari, hanya dengan menambahkan air sungai atau laut, menghasilkan energi listrik, air suling hingga bahan bakar baru yang bersih dan aman, serta garam murni.

"Bahkan, dalam pengolahannya itu mengeluarkan oksigen, sehingga tidak mencemari lingkungan, alias ramah lingkungan, "ujar Hendri.

Berkaitan investasi, pihak LT bakal menanggung seluruh biaya mesin pengelolaan sampah sampai menyala normal. Sedangkan, Pemkab Sidoarjo menyediakan lahan dan perlengkapan, serta regulasinya. Termasuk, menyiapkan bank garansi pembayaran tagihan yang timbul.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah  memberikan respon positif penggunaan teknologi PGE tersebut.

"Alasannya, waktu pembangunan relatif cukup singkat, sekitar enam bulan dan kebutuhan lahan tidak terlalu luas, yakni seribu sampai sepuluh ribu meter persegi untuk sepuluh hingga seratus megawatt (MW), "katanya.

Selain itu, sambung Bupati Saiful Ilah, teknologi tersebut dapat menghasilkan listrik dan air murni dengan kapasitas besar hingga tak mengeluarkan polusi dan polutan dalam bentuk apapun, sehingga ramah lingkungan.

"Nah, untuk mengetahui kondisi dan lahan yang dibutuhkan, saya ajak tim (investor LT) ke TPA sampah di Jabon," ucapnya.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga