Telan Dana Miliaran Rupiah, Wilayah Pondok Jaya Kota Depok Masih Jadi Langganan Banjir

Depok, akuratnews.com- Banjir di wilayah Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, Kota Depok masih jadi langganan pasca diguyur hujan deras. Padahal tidak sedikit kucuran aliran dana APBD yang mengendap disekitar lokasi banjir tersebut.

Kendati demikian banjir masih kerap terjadi. Ketinggian banjir bahkan dikabarkan mencapai ukuran pinggang orang dewasa pasca diguyur hujan deras pada Rabu,(15/5/2019).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Depok, Dadan Rustandi masih belum bisa lakukan upaya secara pasti terkait banjir tersebut. Namun, dirinya mengaku akan lakukan tinjauan dilokasi banjir di wilayah Pondok Jaya, Cipayung, Depok.

"Saya akan liat lokasinya dulu. Nanti baru bisa diketahui penyebab dan langkah upaya penangananya akan seperti apa", ujar Dadan di kantor DPUPR, Kamis,(16/5/2019).

Sebagai pejabat yang baru dilantik, Dadan pun masih belum mengetahui pasti ada tidaknya nilai anggaran tahun 2019 yang di kucurkan untuk atasi banjir tersebut.

Setelah beberapa hari dilantik sebagai pimpinan dinas, dirinya mengaku baru lakukan penyesuaian dan rapat-rapat ditingkat internal DPUPR

"Saya belum tahu pasti apakah tahun ini ada anggaran untuk penyelesaian banjir dilokasi tersebut. Saya juga kan baru di sini dan baru tahap kumpulkan jajaran Kabid dan UPT" ucap Dadan.

pasca hujan deras di wilayah Pondok Jaya, Depok, pada Rabu malam,(15/5/2019) lalu, ketinggian banjir terpantau mencapai ukuran pinggang orang dewasa dan memutus akses jalan utama Kampung Utan.

"Hujannya sekitar mau mahgrib tadi dan kalo banjir gini akses jalan jadi ngak bisa dilalui karena genangan air sudah keliatan setinggi pinggang orang dewasa soalnya" kata Anggoro, warga RW 06 Pondok Jaya, Depok.

Dirinya juga menuturkan tiap habis hujan, terlebih lama dan deras, di Jalan Kampung Utan, Pondok Jaya dan rumah warga sekitar sering direndam banjir. "Kalo warga disini udah pada tahu tiap abis hujan deras, sering banjir dan itu udah tiap tahun" ujarnya.

Seperti diketahui sekitar 2016 sampai 2018 lalu DPUPR telah kucurkan dana kurang lebih capai Rp.2 miliar. Gelontoran dana APBD Depok itu untuk peninggian badan jalan dengan betonisasi setebal 20 centimeter di Jalan Kampung Utan, Pondok Jaya, termasuk dilokasi banjir.

Proyek juga berlanjut pada pemasangan uditch, pembuatan sodetan air dan pembangunan turab kali selama dua tahun berturut dari tahun 2017 hingga 2018 lalu dengan total nilai proyek sekitar Rp.1.5 miliar. Meski begitu hingga kini lokasi Jalan Kampung Utan masih jadi langganan banjir.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga