Telegram akan Hadirkan Fitur Video Call

Telegram
Telegram

Jakarta, Akuratnews.com - Pengguna Telegram sekarang dapat melakukan panggilan video ke kontak mereka karena platform perpesanan instan telah meluncurkan fitur tersebut dalam aplikasi beta-nya, kata sebuah laporan online.

Jika Anda ingin menguji fitur beta, Anda perlu mengunduh aplikasi versi 0.7 beta atau yang lebih baru dari platform Pusat Aplikasi Microsoft. Aplikasi tersebut akan dipasang bersama dengan aplikasi biasa yang Anda gunakan. Meskipun fitur ini masih dalam tahap awal, ia akan menempatkan Telegram di liga yang sama dengan para pesaingnya, antara lain WhatsApp dan Viber.

Menurut laporan Android Police, sudah empat tahun sejak Telegram menambahkan dukungan untuk panggilan suara, kini fitur video call akhirnya dirilis tetapi hanya untuk pengguna beta. Peluncuran ke versi stabil kemungkinan akan memakan waktu beberapa hari atau minggu.

Seperti yang disebutkan, seseorang harus bergabung dengan program beta Telegram untuk mengujinya. Telegram merilis APK beta mandiri yang diinstal bersama dengan aplikasi Telegram atau Telegram X biasa. Setelah proses otentikasi selesai, Anda akan dapat melakukan panggilan video hanya ke orang-orang dalam daftar kontak yang juga menginstal versi 0.7 beta pada perangkat mereka.

Sesuai laporan, antarmuka panggilan video Telegram mirip dengan apa yang ditawarkan platform lain. Ini memiliki tombol di layar untuk beralih antara kamera depan dan belakang, tombol matikan / on video, mute, dan tombol tutup. Peserta di jendela yang lebih kecil dapat ditukar dengan peserta di jendela yang lebih besar dengan satu ketukan sederhana.

Masukan awal menunjukkan bahwa aplikasinya sedikit bermasalah dan membutuhkan banyak penyempurnaan.

Misalnya, Android Police mengatakan bahwa suara pertama kali dirutekan melalui headset dan bukan loudspeaker telepon. Penguji harus mematikan video dan kemudian menyalakannya kembali untuk merutekan suara melalui loudspeaker. Tidak ada opsi untuk panggilan grup tetapi fitur tersebut dilaporkan sedang dalam pengerjaan.

Mode Picture-in-Picture (PiP) juga sedikit rumit. Untuk membuatnya berfungsi, seseorang perlu mengetuk panah kembali di kiri atas. Tindakan tersebut akan memicu pop-up yang meminta izin "untuk muncul di atas aplikasi lain untuk memutar video dalam mode Picture-in-Picture".

Penulis: Redaksi

Baca Juga