Terkait Harun Masiku, Dirjen Imigrasi Dicopot Menkumham

Jakarta, Akuratnews.com - Dirjen Imigrasi Ronny Sompie mendadak dicopot oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly hari ini, Selasa (28/1).

Seperti diketahui, Ronny-lah yang mengungkap fakta jika Harun Masiku, tersangka suap pada Komisioner KPU, Wahyu Seriawan sudah ada di Indonesia sejak 7 Januari 2020, alias sehari sebelum OTT KPK.

Yasonna sendiri berdalih pencopotan mantan Kadiv Humas Polri itu untuk mengusut kesalahan informasi atau data di imigrasi soal kedatangan buronan KPK, Harun Masiku.

"Tim independen sudah kita minta dari Kemenkominfo, BSSN, Bareskrim, Ombudsman. Jadi keempat ini untuk melihat, untuk supaya terjadi betul-betul hal independen dalam penelitian supaya jangan ada conflict of interest," ucap Yasonna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/1).

Selain Dirjen Imigrasi, Yasonna juga mencopot Direktur Sisdik Keimigrasian dan mengganti dengan pelaksana harian. Dia berdalih pengusutan salah data akan independen tanpa mereka.

"Saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay (data kedatangan Harun Masiku). Mengapa data tersimpan di PC Bandara F terminal 2. Kalau yang Bandara 3 kan beres, makanya nggak ada masalah. Tapi terminal 2 ini ada delay," tutur politikus PDIP itu.

Dia menduga salah satu masalah delay data itu juga karena perubahan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (Simkim) dari simkim 1 ke simkim 2 yang membutuhkan pelatihan staf dan akses ke pusat terhambat.

"Ada yang janggal makanya saya bilang ini harus tim. Kalau tim saya nanti orang nggak percaya. Maka saya katakan tim cyber crime dari polri, tim kemenkominfo yang sangat ahli di situ, tim BSSN, dan Ombudsman lembaga pengawas birokrasi," bebernya.

"Supaya betul-betul independen maka Dirjen Imigrasi difungsionalkan sekarang ditunjuk plh," pungkas Yasonna.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga