oleh

Terkait Pengeroyokan Suporter Persija, Anies-Kang Emil akan Berkoordinasi

Jakarta, Akuratnews.com – Mencegah terulangnya pengeroyokan yang menewaskan suporter sepakbola, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Kang Emil. Minggu (23/09/2018), suporter Persija bernama Haringga Sirilia tewas dikeroyok oleh sejumlah oknum suporter Persib Bandung di luar stadion Gelora Bandung Lautan Api.

“Kita tidak ingin kejadian ini berulang. Kita sendiri tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi sehingga orang bisa bertindak seganas itu. Orang yang tidak berdosa, hanya karena dia membawa tim yang berbeda, merasakan kekerasan yang brutal,” kata Anies seusai menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2018 di Lapangan Eks Irti Monas, Jakarta Pusat, Senin (24/09/2018).

Pemimpin di dua daerah yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat serta mereka yang ahli sosiologi maupun psikologi massa serta para pelaku dalam organisasi olahraga perlu terlibat untuk menuntaskan persoalan ini.

Dengan demikian dapat terkumpul fakta dan data penyebab kasus pengeroyokan yang kerap terjadi bila Persija dan Persib bertanding.

“Nanti kita harus tanya pada mereka yang ahli soal ini. Sehingga kita bisa tahu apa sesungguhnya faktor-faktor utama, penyebab-penyebab kejadian yang ganas dan brutal seperti itu. Karena tanpa kita tahu sebabnya, yang jelas sulit mencegah peristiwa ini untuk tidak berulang. Kita harus lakukan kegiatan pencegahan. Bagaimana pencegahannya, kita harus bicara dengan mereka yang menguasai persoalan,” kata Anies.

Langkah pertama Anies adalah melakukan koordinasi dengan Kang Emil selaku Gubernur Jawa Barat. Hanya saja, sampai kemarin malam, Anies belum berhasil menghubungi Kang Emil. Ia akan mencoba hari ini untuk membicarakan tindakan pencegahan tersebut.

“Saya tadi malam coba untuk menghubungi beliau, tapi beliau sudah istirahat karena sudah malam. Mungkin pagi ini kita komunikasi,” tukasnya. (Muj)

Komentar

News Feed