Terpapar Asap Karhutla, Sejumlah Warga di Jambi Mulai Terserang ISPA

Ilustrasi Kebakaran Hutan

Jambi, Akuratnews.com - Ratusan warga Muarojambi dan Kota Jambi, Provinsi Jambi terpapar asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Warga yang terpapar asap tersebut sebagian besar tersebar di daerah yang bermukim dekat lokasi kebakaran lahan gambut, yakni di Kecamatan Kumpeh dan Kota Jambi.

Akibat asap kebakaran lahan gambut yang sudah terjadi selama dua pekan tersebut, warga daerah itu banyak yang mengalami batuk dan flu.

Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno, Rabu (7/8/2019) menjelaskan, berdasarkan pendataan di beberapa puskesmas di daerah itu, jumlah warga yang mengalami infeski saluran pernafasan atas (ISPA) meningkat menyusul asap karhutla yang melanda daerah itu dua pekan terkahir.

“Untuk mencegah bertambahnya jumlah warga yang terpapar asap, kami sudah mengajukan permintaan bantuan ribuan masker kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Warga Muarojambi membutuhkan bantuan masker karena persediaan masker di Muarojambi tidak mencukupi. Warga kami minta menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah agar tidak terkena ISPA,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Syamsiran Halim membenarkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muarojambi sudah mengajukan permintaan bantuan masker menyusul meningkatnya jumlah warga di Muarojambi yang terpapar asap karhutla.

“Bantuan masker tersebut akan segera dikirimkan mencegah meningkatnya warga yang mengalami ISPA akibat asap karhutla dan debu di musim kemarau,”katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi, M Zakir mengatakan, kebakaran lahan gambut yang mencapai 36 hektare (ha) di Desa Arang-arang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi sudah bisa dipadamkan seluruhnya, Selasa (6/8/2019).

“Namun proses pendinginan lahan gambut yang tersebut masih terus dilakukan dengan menyemprotkan air. Pendinginan dilakukan mencegah maraknya kembali api dari dalam lahan gambut. Pasukan pemadaman masih bersiaga di sekitar kebakaran lahan gambut mengantisipasi munculnya kembali api,”katanya.

Kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi tersebut menyebarkan asap hingga ke Kota Jambi hingga Rabu pagi tadi.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga