Terperiksa di Dua Kasus Damkar, Pemeriksaan Ketiga RGB Berjalan Singkat

Kepala Damkar Depok R Gandara Budiana saat di Kejari Depok, Senin,(21/6)
Kepala Damkar Depok R Gandara Budiana saat di Kejari Depok, Senin,(21/6)

AKURATNEWS.COM- Tim Jaksa Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok kali ketiga lakukan pemeriksaan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok R Gandara Budiana (RGB) pada, Senin (21/6).

Ada yang berbeda dalam lama durasi waktu pemeriksaan yang dilakukan jaksa penyelidik Pidsus terhadap Kadis Damkar Depok meski agenda pemanggilan kali ini terkait dua kasus dugaan korupsi di Damkar.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Depok Herlangga Wisnu Murdianto mengatakan, hal itu bisa saja terjadi, tergantung pada situasi dan kondisi saat pemeriksaan.

"Jadi soal durasi pemeriksaan tidak ada kaitanya dengan itu (soal sebagai terperiksa di satu kasus atau lebih)", jelas Herlangga kepada Akuratnews.com Selasa,(22/6).

Dia menuturkan, bisa juga tergantung pada jaksa penyelidik, dan bisa juga karena permintaan dari terperiksa. Misal, karena dirasa perlu melengkapi dokumen sesuai yang ditanyakan.

Dalam panggilan ketiga, Kadis Damkar Depok diketahui hanya berlangsung sekitar satu jam.Gandara datang ke kantor Kejari Depok sekitar pukul 09:45 wib sampai 11:00 wib.

Kedatangan Gandara kali ketiga terkait pemeriksaan dua kasus dugaan korupsi Damkar Depok yakni, dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) belanja sepatu Pakaian Dinas Lapangan (PDL) pada Damkar dan Penyelamatan Kota Depok tahun anggaran 20l7-2019.

Berikutnya penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi pemotongan honor lembur war-war dan penyemprotan disinfektan pada kegiatan mitigasi Covid-19 pada Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Tahun Anggaran 2020.

"Untuk RGB permintaan keterangan ini adalah permintaan ketiga kalinya dan dilakukan permintaan keterangan di ruang pemeriksaan seksi tindak pidana khusus", jelas Herlangga.

Sesuai agenda pemeriksaan, selain Kadis Damkar ada tiga orang yang terperiksa yaitu, Bambang kurniawan Bendahara Pengeluaran Pembantu Bambang Kurniawan, dan Kasi Rehabilitasi dan rekonstruksi pada Bidang Penanggulangan Bencana Nadelia.

"Untuk atas nama Bambang Kurniawan dan Nadelia sudah sempat datang namun, kita jadwalkan ulang karena keduanya masih belum siap memberikan keterangan karena harus melengkapi beberapa data Untuk merinci keterangannya", pukas Herlangga.

Diketahui, dua kali pemanggilan sebelumnya Kadis Damkar Depok diperiksa soal kasus dugaan Tipikor belanja sepatu Pakaian Dinas Lapangan (PDL) pada Damkar dan Penyelamatan Kota Depok tahun anggaran 20l7-2019.

Dalam dua kali pemanggilan sebelumnya Gandara diperiksa tim penyelidik selama tujuh jam dari pukul 09:00 wib - 16:00 wib atau lebih singkat enam jam dari proses penyelidikan ketiga.

Penulis:

Baca Juga