Terpilih Kapolri, Komjen Listyo Sigit Dinilai Penuhi Syarat Bhayangkara

Jakarta, Akuratnews.com - Terpilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri dipandang tepat lantaran memenuhi syarat strategis sebagai Bhayangkara.

"Komjen Listyo Sigit memiliki sikap rendah hati dan pandai mendengar yang banyak bermanfaat dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Kapolri mendatang," kata Ketua Yayasan Jokowi Center Unggul Indonesia Maju (JCUIM), Toni Suhartono, Jumat (22/1).

Terpilihnya Komjen Listyo Sigit yang berlatar belakang Nasrani dipandangnya juga memiliki nilai plus di mata dunia yakni meyakinkan jika Indonesia bukanlah negara agama.

"Indonesia dengan Kebhinekaan Tunggal Ika-nya serta toleransi yang tinggi memiliki Kapolri yang justru bukan dari agama mayoritas," kata pria yang akrab disapa Gus Toni ini.

Lanjutnya, calon Kapolri ke depannya harus profesional dan mengikuti tren kejahatan atau gangguan keamanan, serta memahami hukum serta regulasi. Pasalnya, kejahatan dan gangguan keamanan kian hari kian canggih dan terus dimodifikasi, termasuk kejahatan jalanan.

"Kapolri harus mengikuti perkembangan ini. Calon Kapolri juga harus cepat tanggap terhadap fenomena yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa. Terutama sejumlah kelompok, baik kanan maupun kiri yang ingin mengganti ideologi dan bentuk negara," imbuhnya.

Ditambahkannya, yang perlu dilakukan Kapolri baru juga soal memahami ancaman keamanan dalam negeri serta efeknya hingga luar negeri, memahami lingkungan strategis teritorial seperti bahaya terorisme, radikalisme, narkoba dan kejahatan jalanan.

“Saya yakin Komjen Listyo bisa menjamin keamanan agenda nasional dan internasional dalam mendukung Presiden Joko Widodo,” tegas Toni.

Ia juga percaya Polri keepannya bisa menuju transformasi yang presisi dan profesional di bawah kepemimpinan Komjen Listyo.

“Sebagai ketua Yayasan Jokowi Center Unggul Indonesia Maju, saya mendukung penuh harapan beliau yang dipaparkan dalam program kerja saat menjalani proses fit and proper test di DPR. Semoga beliau bisa menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. Kami juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jenderal Idham Azis selaku Kapolri sebelumnya," pungkas Toni.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga