Terus Berkaya dan Ciptakan Pasar, Solusi Tangkal Dampak Ekonomi Akibat Pandemi

Jakarta, Akuratnews.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak serta gejolak yang luar biasa, di semua sisi perekonomian nasional, daerah, kelompok, dan individu.

Pengamat Kebijakan Publik dan pelaku bisnis, Saiful SH mengungkapkan, setidaknya ada tiga dampak besar dari pandemi ini bagi sisi ekonomi Indonesia.

Pertama, melemahnya konsumsi rumah tangga atau daya beli. Ekonomi itu akan naik apabila daya serap atau daya belinya tinggi.

Dampak kedua, pandemi Covid-19 yang menimbulkan ketidakpastian kapan akan berakhir membuat investasi juga ikut melemah dan berimplikasi terhadap berhentinya sebuah usaha.

"Kita analisa teman-teman kita pelaku usaha di bidang warteg, transportasi, traveling, juga seniman, musisi, artis. menyatakan banyak yang terimbas akan hal tersebut," ujar Saiful dalam talkshow Ngobrol Bareng Live bertema 'Dampak Covid-19 Bagi Perekonomian Negara' di Jakarta, Rabu (3/2).

Dampak ketiga, lanjutnya, pelemahan ekonomi akibat pandemi ini juga menyebabkan harga komoditas turun.

Talkshow Ngobrol Bareng Live bertema 'Dampak Covid-19 Bagi Perekonomian Negara'
Tallkshow Ngobrol Bareng Live bertema 'Dampak Covid-19 Bagi Perekonomian Negara'

Lalu langkah langkah apa yang harus dilakukan guna mengatasi imbas pandemi bagi perekonomian nasional ini?

Pria yang akrab disapa Bejo ini melihat, uapya pemerintah yang telah melakukan tindakan cepat, program vaksinasi, program pemulihan ekonomi nasional, BLT, bantuan modal usaha UKM/UMKM harus dimanfaatkan dengan baik dan benar.

"Seburuk apapun situasi saat ini, kita seluruh rakyat Indonesia harus mampu bertahan dengan berkarya dan beradaptasi. Sehingga kita semua mampu menciptakan pasar dalam bidang apapun," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, artis Yulia Citra mengaku dunia hiburan saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan imbas pandemi.

"Panggung musik sepi dan ini sangat memprihatinkan. Makanya banyak rekan-rekan artis yang mulai berbisnis. Termasuk saya akhirnya ikut usaha bisnis karena job panggung sepi," ungkap Yulia Citra.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga