Teruskan Trend Positif, BAZNAS Raih Indonesia Customer Service Quality Award 2021

AKURATNEWS - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berhasil meraih penghargaan Indonesia Customer Service Quality Award 2021 kategori Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dari Majalah SWA, Kamis (9/9/2021).

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim SWA sejak beberapa bulan lalu di enam kota besar Indonesia (Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makasar).

Ketua BAZNAS, Prof Dr KH Noor Achmad, MA menyampaikan rasa syukurnya BAZNAS mampu meneruskan trend positif meraih penghargaan nasional meskipun saat ini dunia sedang dalam kondisi yang sulit. Penghargaan ini juga menjadi salah satu bukti pengelolaan zakat di Indonesia mendapat pengakuan dari Majalah SWA.

"Alhamdulillah, terima kasih pada semua pihak atas dukungan dan partisipasi sehingga BAZNAS bisa meraih penghargaan ini," ujar Prof Noor, di Jakarta, Kamis (9/9).

Prof Noor Achmad mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan yang kesekian kalinya yang diterima BAZNAS, setelah sebelumnya BAZNAS meraih penghargaan baik dalam level nasional maupun internasional.

“Terimakasih kepada Wakil Ketua, semua pimpinan, seluruh jajaran direksi, serta semua amilin dan amilat BAZNAS atas kerja kerasnya. Penghargaan ini adalah hasil dedikasi seluruh amil dan Lembaga Amil Zakat seluruh Indonesia, serta seluruh pegiat zakat di Indonesia dan berbagai belahan dunia dalam berjuang melaksanakan gerakan zakat untuk kemaslahatan umat,” tuturnya.

Dalam lima tahun terakhir, sederet penghargaan baik skala nasional maupun internasional telah berhasil diraih BAZNAS atas perjuangan dan komitmen BAZNAS dalam gerakan di dunia zakat.

Untuk 2020, BAZNAS sebelumnya memperoleh penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas Kontribusi Dalam Penanggulangan Bencana, penghargaan Global Good Governance SDGs Champion Award 2020 dari Cambridge International Financial Advisory (IFA), dan lembaga zakat dengan Fundraising Digital Terbaik di program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020.

Pada 2021 sederet penghargaan juga telah diperoleh BAZNAS diantaranya penghargaan dari BNPB untuk kategori intensitas, konsistensi, dan inovasi dalam penanggulangan Covid-19, penghargaan dari Majalah SWA sebagai Best Bussiness Transformation 2021, penghargaan kategori Top CSR Award 2021 # Mitra Pengelola CSR - Star 4 dan TOP Leader on CSR Commitment 2021, serta dua penghargaan pada kategori Global Good Governance (3G) Humanitarian Award dan 3G SDGs Champion Award 2021 dari Cambridge International Financial Advisory (IFA).

Menurut Prof. Noor Achmad, BAZNAS memiliki empat agenda besar. Pertama, penguatan kelembagaan dan regulasi. Kedua, program labelisasi taat zakat. Ketiga, optimasi zakat di kementerian/lembaga, TNI/Polri dan BUMN. Keempat, pengentasan kemiskinan dan penanggulangan Covid 19.

Kini BAZNAS memiliki visi menjadi lembaga pemerintah non struktural untuk filantropi Islam yang terpercaya, kuat dan modern. Serta, misi menjadi lembaga pemerintah non struktural yang aktif dalam menangani dampak Covid 19,  sebagai pelengkap APBN pengentasan kemiskinan.

“Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat pengelola zakat di Indonesia. Semoga BAZNAS mampu menjadi lembaga utama bagi pembayar zakat dan lembaga utama yang menyejahterakan umat," tutup Prof Noor Achmad.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga