Piala AFF U-15

Thailand Kubur Mimpi Juara Garuda Muda

Chonburi, Akuratnews.com - Buyar sudah impian Timnas Indonesia U-15 mempertahankan gelar Piala AFF U15. Thailand tumbangkan Garuda Muda di semifinal dengan skor 2-0.

Sukses yang diraih tuan ini sekaligus membalas dendam tahun lalu. Ketika itu, Indonesia keluar sebagai juara setelah menumbangkan Thailand di final lewat drama adu penalti.

Mengawali pertandingan di Chonburi Campus Stadium 1, Rabu (7/8), Garuda Muda mencoba menggebrak pertahanan Thailand. Peluang pun diperoleh lewat aksi Marselino Ferdinan namun tak membuahkan hasil.

Kondisi tersebut ternyata langsung direspon tuan rumah. Anucha Somonwat kali ini yang memberikan ancaman dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Beruntung tusukan yang diakhiri umpan silang masih mampu diamankan Marcell Januar.

Setelah kedua tim mencoba bermain lebih terbuka buka lagi. Indonesia kembali mendapatkan peluang setelah Marcelino dijegal dan melahirkan tendangan bebas. Namun peluang tersebut juga belum bisa dimanfaatkan menjadi gol.

Setidaknya sampai jelang laga babak pertama berakhir, kedua tim mendapatkan peluang meski tak membuahkan hasil.

Di babak kedua, Thailand langsung mendominasi pertandingan. Hasilnya di menit 47, tuan rumah mendapatkan peluang emas saat Niphitphon Wongpanya menguji kiper I Made Kaicen dua kali dengan tembakan keras. Beruntung semua aksi pemain lawan itu bisa diantisipasi Kaicen.

Pertahanan Indonesia akhirnya goyah juga setelah Nitiphon bisa memperdaya Kaicen dengan tendangan keras.

Ketinggalan satu gol membuat Indonesia mencoba menjawabnya dengan lebih bermain menyerang. Sayang di tengah upaya mengejar ketinggalan, gawang Indonesia kembali dibobol Nitiphon di menit 70. Skor 2-0 ini pun bertahan sampai laga usai.

Buat Indonesia, kegagalan ini sekaligus mengubur impian untuk mempertahankan gelar. Thailand selanjutnya akan bertemu dengan Malaysia yang sebelunmnya menjungkalkan Vietnam 3-1.

Selanjutnya Indonesia akan bertemu dengan Vietnam untuk memperebutkan posisi ketiga pada 9 Agustus mendatang.

Pertemuan ini jadi yang kedua sepanjang turnamen ini. Sebelumnya di penyisihan Grup A, Indonesia berhasil menang atas Vietnam 2-0.

Susunan Pemain:

Indonesia: I Made Kaicen, Alfin Lestaluhu, Kadek Arel, M Faizal, Wahyu Agong, Marselino Ferdinan, Ruy Ariyanto, Marcell Januar, Alexandro Kamuru, Dimas Juliono, Valeron
Pelatih: Bima Sakti

Thailand: Kadiej Rungkitwattananukul, Teehkawin Chansri, Chonnapat Buaphan, Sittha Boontha, Kakana Khamyok, Niphitphon Wongpanya, Phaphum Kunkongmee, Kasidit Kalasin, Thanawar Saipetch, Pornsawn Sankila, Anucha Somonwat
Pelatih: Salvado Garcia

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga