oleh

Tiga Pengedar Ganja Diamankan Polres Tapsel

Tapsel, Akuratnews.com – Tiga orang pelaku pengedaran psikotropika jenis daun ganja berhasil diamankan Satres Narkoba Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) – Polda Sumut.

Dari ketiga pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Ketiga orang tersangka tersebut Amirin Siregar alias AS, Hangtua Nasution alis HN dan Fuad Dalimunthe.

Kasat Narkoba Polres Tapsel AKP Zulfikar menjelaskan kronologis penangkapan ketiga tersangka itu, yakni pada Senin 3 Desember 2018 sekira pukul 23.00 WIB di sebuah warung kopi milik warga.

“Kita mendapat info adanya peredaran narkotika jenis ganja di Kelurahan Hutatonga Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan tepatnya di sebuah warung kopi milik masyarakat. Mendapat laporan, petugas pun meluncur ketempat yang dimaksud. Sesampai disana, petugas pun melakukan penyelidikan. Di warung kopi yang sudah tutup itu, petugas melihat tiga orang laki-laki sedang duduk. Kemudian petugas mendekati ketiga orang tersebut dan sambil menanyakan identitas mereka, serta menyuruh untuk mengeluarkan seluruh isi saku celana dan bajunya, namun tidak ditemukan barang yang mencurigakan,” jelas Zulfikar kepada awak media, Rabu (5/12/2018).

Menurut Zulfikar, karena tidak ditemukan barang yang mencurigakan, petugas pun menanyakan kepada ketiga tersangka ini dimana mereka menyimpan barang haram tersebut.

“Setelah ditanyai, salah satu tersangka Amirin Siregar menunjukkan kepada petugas, bahwa dia menyimpan daun ganja itu di semak-semak. Kemudian petugas menyuruh tersangka untuk mengambilnya dan setelah dibuka 1 bungkus plastik assoy warna hitam tersebut didalamnya berisikan 27 bungkus (amp) yang diduga berisi ganja yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat,” terangnya.

Setelah petugas menanyai kepemilikan barang narkoba, ungkap Zulfikar, Amirin Siregar salah satu pelaku mengakui ganja tersebut adalah benar miliknya bersama tersangka Hangtua Nasution.

“Dari keterangan tersangka, mereka dapatkan narkoba jenis ganja tersebut dari IS yang beralamat di Kelurahan Bintuju, Kecamatan Angkola Muara Tais, Kabupaten Tapanuli Selatan yang sekarang jadi DPO. Tersangka ini membelinya dari IS sebanyak 46 bungkus (Amp) dengan harga Rp. 5.000/ Amp. Kemudian ganja tersebut dijual kembali secara eceran dengan harga Rp. 8.000/Amp dan dari pengakuan tersangka, sebanyak 19 Amp sudah laku terjual”ujarnya.

Untuk barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas yaitu 1 bungkus plastik assoy warna hitam yang berisikan 27 bungkus (Amp) yang diduga berisi ganja yang dibungkus dengan kertas nasi warna coklat seberat 198,4 (Seratus sembilan puluh empat koma empat) gram dan uang tunai sebesar Rp152.000 (Seratus Lima Puluh Dua Ribu Rupiah) dan ketiga tersangka berikut barang bukti tersebut dibawa ke Satres Narkoba Polres Tapsel guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Hab)

Komentar

News Feed