Tiga Pimpinan Definitif DPRK Bener Meriah Resmi Dilantik

Bener Meriah, Akuratnews.com - Tiga pimpinan definitif DPRK Bener Meriah periode 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (26/11/2019).

Mereka yang dilantik masing-masing adalah Muhammad Saleh selaku Ketua (Golkar), Husnul Ilmi sebagai Wakil Ketua I (PKB), dan Anwar Wakil Ketua II (Gerindra).

Penetapan ketiganya berdasarkan SK Gubernur Aceh berlangsung dalam Sidang Paripurna di DPRK setempat dipimpin Ketua Sementara Darwinsyah.

Sementara prosesi pengambilan sumpah jabatan terhadap para pimpinan dewan ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong Mahendrasmara Purnamajati SH MH.

Darwinsyah selaku pimpinan sidang dan sebagai Ketua Sementara DPRK setempat pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sudah banyak tugas di kelembagaan itu yang telah diselesaikan sampai pada pelantikan pimpinan definitif.

Darwin juga menambahkan, agenda yang telah usai dilakukan selama ia menjabat ketua sementara DPRK Bener Meriah, yang pertama melakukan penyusunan tata tertib dan telah disampaikan kepada Biro Hukum Provinsi Aceh di Banda Aceh untuk dilakukan evaluasi dan saat ini tinggal menunggu penyempurnaannya oleh Plt Gubernur Aceh.

"Telah menyusun tata tertib dewan, membentuk fraksi-fraksi, dan mengusulkan nama pimpinan definitif ke Gubernur Aceh," kata Darwinsyah.

Darwin juga mengingatkan bahwa kordinasi antara eksekutif dan legislatif juga Forkopimda sangatlah penting agar semua masalah dapat dituntaskan, seperti konflik berkepanjangan antara gajah dan penduduk di kecamatan Pintu Rime.

"Kita sangat mengharapkan masalah ini terselesaikan segera, kasihan penduduk setiap malam merasa was-was dan ketakutan dan satu lagi masalah klasik yang tak kunjung selesai yaitu masalah tapal batas serta persoalan lainnya, terimakasih atas kerja sama nya selama tiga bulan saya menjabat pimpinan" ujarnya.

Prosesi pelantikan juga ditandai dengan serah terima jabatan dari Ketua Sementara Darwinsyah kepada Muhammad Saleh selaku Ketua DPRK definitif yang dilakukan secara simbolik melalui penyerahan palu sidang.

Acara pelantikan berlangsung tertib dan lancar sejak dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini Bupati Bener Meriah Sarkawi serta para tamu undangan lainnya.

Penulis: Chaidir

Baca Juga