Tim Penyidik Kejagung akan Sita Ratusan Bidang Tanah Tersangka Kasus Jiwasraya Benny Tjokro

Jakarta, Akuratnews.com - Penyidik Kejaksaan Agung sudah membekukan ratusan bidang tanah milik Komisaris Utama PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro. Pembekuan itu dimaksudkan agar tidak ada jual beli atau aktivitas usaha di tanah tersebut.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengatakan, penyidik juga berencana menyita 156 bidang tanah Benny Tjokrosaputro itu.

“Melakukan pemblokiran 84 tanah yang diduga milik tersangka Benny Tjokrosaputro dan juga 72 tanah milik tersangka yang sama,” kata Hari, di Kejaksaan Agung, Kamis (16/1/2020).

Menurut Hari, tanah tersebut tersebar di daerah Jawa Barat. “Ada 84 tanah di daerah Lebak, Banten, Jawa Barat dan 72 tanah di daerah Tanggerang, Jawa Barat,” paparnya.

Terkait dengan mekanisme penyitaan tanah nantinya, kata Hari, tim penyidik belum dapat memberikan keterangan teknis. Pasalnya, hal tersebut ada mekanismenya sendiri. “Nanti kita minta ke Badan Pertanahan Nasional,” ujarnya.

Selain tanah, penyidik juga melakukan pemblokiran rekening milik Benny Tjokrosaputro. Selain itu, aset berupa kendaraan milik PT Hanson juga turut disita.

“Dilakukan penyitaan mobil mewah Mercedes Benz dengan nomor polisi B 70 KRO milik tersangka Benny Tjokrosaputro,” tandasnya.

Kemarin, penyidik juga melakukan penggeledahan di rumah dua tersangka lainnya. Mereka adalah Hendrisman Rahim dan Harry Prasetyo. Penyidik menyita lima kendaraan mewah milik tersangka. Salah satu kendaraan mewah itu milik istri Hendrisman Rahim.

Dalam penelusuran aset ini, Hari menambahkan, penyidik juga melakukan pemblokiran rekening efek, dan rekening bank kustodian efek milik lima tersangka. Namun, hingga kini jumlah dari isi rekening tersebut masih dalam penghitungan.

Dia menjelaskan, para tersangka juga akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh tim penyidik pada pekan depan. Setelah itu pihaknya juga akan menyampaikan akumulasi aset yang disita.

“Nanti kita sampaikan secara keseluruhan,” papar Hari.

Penulis: Redaksi

Baca Juga