Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Piala Asia 2020

Jakarta, Akuratnews.com - Harapan tim nasional Indonesia U-23 untuk mentas di Piala Asia U-23 2020 sirna sudah. Hasil negatif itu di dapat usai mereka kalah 0-1 dari Vietnam U-23 pada matchday kedua kualifikasi Grup K di Stadion Nasional My Dinh, Minggu (24/3/2019) malam.

Dengan hasil tersebut, Garuda Muda tertahan di peringkat ketiga tanpa nilai setara dengan Brunei Darussalam di dasar klasemen. Timnas U-23 tertinggal enam poin dari Vietnam dan Thailand di tangga kedua dan puncak klasemen.

Peluang untuk menjadi runner-up terbaik juga sudah tertutup. Sebab, pada laga terakhir melawan Brunei, Selasa (26/3/2019) sore, apapun hasilnya tidak akan dihitung karena sang lawan merupakan tim juru kunci di Grup K tanpa nilai.

Vietnam tampil ngotot sejak peluit kick off dibunyikan. Finalis Piala Asia U-23 2018 itu percaya diri mengalirkan serangan dan membuat barisan pertahanan timnas U-23 bekerja keras.

Peluang pertama tuan rumah hadir pada menit ke-17 lewat tendangan bebas Huynh Tan Sinh. Beruntung, sepakan sang defender masih melambung dari gawang Garuda Muda kawalan Satria Tama.

Tak mau terus-terusan ditekan, skuat asuhan Indra Sjafri itu coba memperlambat tempo permainan. Namun, serangan mereka kerap kandas di tengah lapangan akibat pressing ketat yang diperagakan Vietnam.

Enggan berputus asa, timnas U-23 mencoba melakukan tembakan dari luar kotak penalti lewat kaki Luthfi Kamal pada menit ke-37. Sayang, usaha gelandang bernomor punggung 7 itu masih belum menemui sasaran. Skor kacamata bertahan hingga paruh pertama usai.

Memasuki babak kedua, Coach Indra memainkan Saddil Ramdani untuk menggantikan Witan Sulaeman pada menit ke-57 guna meningkatkan daya gedor. Namun, strategi mantan arsitek Bali United itu tak begitu terlihat.

Vietnam yang justru mampu lebih menekan dengan mengandalkan umpan-umpan silang dari sayap lapangan. Namun, Bagas Adi Nugroho mampu dengan tenang menangkal operan tersebut.

Malapetaka untuk tim Garuda Muda datang pada penghujung laga ketika The Golden Star mampu mencetak gol lewat tandukan Trieu Viet Hung memanfaatkan sepakan sudut.

SUSUNAN PEMAIN

INDONESIA U-23 (4-1-2-3)
Satria Tama; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Luthfi Kamal; Egy Maulana Vikri, Sani Rizky; Witan Sulaeman (Saddil Ramdani 57), Marinus Wanewar, Osvaldo Haay (Gian Zola 75)
Pelatih: Indra Sjafri

VIETNAM U-23 (5-4-1)
B. Tien Dung; Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung; Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Ha Duc Chinh
Pelatih: Park Hang-seo

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga