Sepak Bola

Timnas Rusia Pastikan Diri Lolos ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Jakarta, Akuratnews.com - Timnas Rusia memastikan diri menjadi tim ketiga yang lolos putaran final Piala Eropa 2020. Hasil itu dipastikan berkat kemenangan 5-0 atas Siprus pada laga, Senin 14 Oktober dini hari.

Tampil di kandang lawan, Neo GSP Stadium, Levkosia, Rusia tampil garang sejak awal laga. Terbukti tim tamu sudah unggul cepat saat laga baru berjalan sembilan menit.

Denis Cheryshev mencetak gol pertama Rusia ke gawang Siprus yang dijaga kiper Constantinos Panayi. Serangan cepat di awal laga tersebut dituntaskan sepakan mantan penggawa Real Madrid tersebut.

Rusia menambah golnya di menit ke-22 lewat lesatan Magomed Ozdoev. Cheryshev kembali berperan penting, kali ini berkat umpan matang yang dituntaskan rekan setimnya tersebut.

Tertinggal dua gol, Siprus justru harus bermain dengan 10 orang. Bek Konstantinos Laifis mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras.

Unggul jumlah pemain, Rusia kian nyaman dan menambah tiga gol lagi di babak kedua. Artem Dzyuba membuat tim Beruang Merah unggul 3-0 di menit 79, kembali memanfaatkan umpan Cheryshev.

Aleksandr Golovin ikut mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol menit 89. Bintang tim Beruang Merah mencetak gol keempat bagi negaranya memanfaatkan umpan Dzyuba.

Cheryshev menutup pesta gol Rusia di pengujung laga, tepatnya menit 90+2. Gol yang sekaligus membuatnya mencetak brace ke gawang Siprus.

Kemenangan ini membuat Rusia mengunci posisi kedua klasemen Grup I, di bawah Belgia. Rusia kini mengumpulkan total 21 poin, menyusul Belgia ke putaran final Piala Eropa 2020.

Hal itu dipastikan setelah poin Rusia sudah tidak terkejar lagi oleh Siprus di posisi ketiga. Siprus baru meraih 10 poin dengan menyisakan dua laga di Grup I.

Rusia juga sekaligus menjadi tim ketiga yang lolos Piala Eropa 2020 setelah Belgia dan Italia. Ini akan menjadi ajang ke-12 Rusia tampil di Piala Eropa sepanjang sejarah mereka.

Susunan pemain:

Siprus:

Panayi (Pardo 40'), Merkis, Laifis, Kyriakou, Ioannou, Kousoulos, Kosti, Artymatas, Zachariou (Margaca 36'), M Ioannou, Spoljaroc (Papoulis 79').

Rusia:

Guilherme, Kudryashov, Semenov, Petrov (Karavaev 38'), Dzhikiya, Ionov (Bakaev 78'), Ozdoev, Cheryshev, Golovin, Akhmetov (Kuzyaev 61'), Dzyuba.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga