Tinjau Lokasi Bencana, Plt Bupati Kudus Apresiasi Kesiapsiagaan Warga

Kudus, Akuratnews.com- Akibat curah hujan tinggi, tanggul timur tiga Desa Kesambi Jebol. Minggu (12/01) lalu. Akibat kejadian tersebut puluhan rumah terendam banjir.

Jebolnya tanggul dari beberapa daerah yang berdampak akibat bencana tersebut mengakibatkan lumpuhnya aktfitas warga. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Kudus Hartopo saat meninjau lokasi yang terdampak banjir dan longsor Senin (13/01/2020) kemarin.

HM Hartopo memastikan kondusifitas daerah sekitar pasca terjadinya bencana.Pihaknya mengapresiasi kesigapan masyarakat menangani tanggul jebol.

Menurut informasi, warga bergotong royong memperbaiki tanggul dengan material seadanya.

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama masyarakat mengantisipasi jebolnya tanggul. Saya harap relawan dan pemerintah setempat selalu siap membantu warga,” ucapnya Hartopo kepada akuratnews Selasa (14/01/2020)

Menurutnya, saat ini. “Banjir di Mejobo sebagian besar telah surut. Kami dari pemerintah telah berikan bantuan untuk meringankan beban warga,” ujar HM Hartopo

Usai mengunjungi korban di Desa Kesambi, Plt Bupati melanjutkan peninjauanya ke Desa Rahtawu Kec Gebog yang terjadi musibah longsor beberapa waktu yang lalu. Dalam kejadian tersebut, material longsoran yang jatuh mengakibatkan beberapa kerugian material, diantaranya rubuhnya rumah warga. HM Hartopo berpesan kepada masyarakat agar menjauhi tanah labil, karena berpotensi menyebabkan longsor.

“Masyarakat harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas. Hindari berada di daerah sekitar tebing yang tanahnya labil. Tanah bisa sewaktu-waktu longsor karena curah hujan masih tinggi,” pesannya.

Penulis: Yusfi

Baca Juga