Tips Aman Menginap di Hotel Saat Pandemi

Jakarta, Akuratnews.com - Sejumlah penginapan yang sebelumnya tutup akibat pandemi Corona kini sudah mulai dibuka kembali, dengan tetap menerapkan aturan kesehatan. Jika Anda berencana untuk menginap di hotel dalam waktu dekat, ada baiknya berhati-hati. Agar tetap aman, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan.

Pilih Hotel dengan Bijak

Langkah utama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tingkat penularan di daerah tempat Anda tinggal. Sebaiknya hindari tempat-tempat yang kasus penderita Covid-19 tinggi. Seperti kita ketahui hotel merupakan tempat yang sering dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah.

Cari Tahu Prosedur Kesehatan Hotel

Tips selanjutnya sebelum memutuskan untuk memesan kamar, Anda perlu mengetahui bagaimana prosedur kesehatan yang dilakukan oleh pihak hotel untuk melindungi tamu dan staf. Seperti hostel di malang yang mana sudah menerapkan protocol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Cari tahu beberapa hal mengenai penggunaan masker, rambu peringatan untuk menjaga jarak, ketersediaan hand sanitizer di seluruh area hotel, seberapa sering tempat umum dibersihkan, dan prosedur check-in contactless. Anda dapat mengunjungi situs web hotel untuk mengetahui langkah-langkah apa yang mereka ambil untuk melindungi tamu mereka.

Selalu Periksa dan Ikuti Prosedur yang Diterapkan oleh Hotel

Saat memasuki lingkungan hotel, biasanya petugas hotel akan melakukan pengecekan suhu tubuh pada saat check-in. Selain itu, mereka juga akan menanyakan informasi tentang riwayat perjalanan dan sejenisnya. Patuhi selalu prosedur yang diminta petugas karena hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan setiap tamu yang menginap di hotel.

Jaga Jarak Sosial dan Tetap Menggunakan Masker

Meski kita sudah memasuki new normal atau tatanan kehidupan baru, bukan berarti kita melupakan social distancing dan meninggalkan penggunaan masker. Anda harus tetap berpegang pada protokol kesehatan, ya. Sebab, selama berada di hotel, Anda akan berinteraksi dengan staf hotel dan tamu lainnya. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga jarak dengan disiplin dan selalu gunakan masker saat keluar kamar dan di lingkungan hotel.

Jangan Beramai-ramai

Untuk menerapkan social distancing alias menjaga jarak, hindari berada dalam satu ruangan untuk lebih dari 4 orang. Hindari juga menerima tamu dalam jumlah besar di kamar hotel. Bagi Anda yang membutuhkan makanan atau minuman, mintalah kepada petugas restoran untuk mengantarkannya langsung ke kamar Anda.

Minta kamar yang telah kosong selama beberapa hari

Saat memutuskan untuk menginap di hotel, mintalah kepada petugas untuk menyediakan kamar hotel yang sudah kosong minimal selama tiga hari. Ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan.

Membuka Jendela Kamar

Membuka jendela kamar tidur perlu dilakukan agar udara sejuk masuk ke dalam ruangan. Sebab, risiko penularan melalui udara lebih tinggi jika ruangan berventilasi buruk. Jadi, sebaiknya biarkan jendela dan pintu tetap terbuka untuk sementara waktu.

Penulis: Redaksi

Baca Juga