Tips Melindungi Privasi di Facebook

foto istimewa

Jakarta, Akuratnews.com - Salah satu cara untuk menjaga keamanan di media sosial tentunya dengan melindungi akun kita. Sebab itu, kita harus memahami panduan dan alat yang tersedia di media sosial tersebut untuk melindungi akun. Kami telah merangkum 6 tips yang bisa dilakukan oleh para pengguna Facebook untuk melindungi privasi mereka.

Langkah pertama adalah melindungi password Anda. Saran kami, jangan pernah menggunakan password Facebook untuk akun personal lainnya. Seperti email atau akun media sosial lain. Tentunya juga jangan pernah membagikan informasi terkait password tersebut kepada siapapun. Pastikan password tersebut terdiri dari 6 karakter dan sulit ditebak.

Kedua adalah jangan sembarangan membagikan informasi login Anda. Pasalnya pelaku kejahatan di internet kemungkinan membuat website palsu yang mirip Facebook dan meminta Anda untuk login menggunakan email serta password Anda. Jadi selalu pastikan URL situs tersebut, sebelum Anda memasukkan informasi login.

Langkah ketiga adalah pastikan melakukan log out saat Anda menggunakan komputer yang tersedia di tempat umum. Namun bila lupa, Anda bisa melakukan log out dari jarak jauh dengan membuka "Pengaturan Keamanan", kemudian klik "Di mana Anda Masuk", dan pilih "Keluar".

Langkah keempat adalah jangan pernah menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal. Pasalnya pelaku kejahatan di internet biasanya membuat akun palsu untuk bisa berteman dengan sasaran mereka di Facebook. Kemudian ketika Anda menerima permintaan pertemanan mereka, maka mereka dapat berkesempatan untuk memposting spam ke linimasa Anda atau mengirimkan pesan berbahaya.

Langkah kelima, Anda harus berhati-hati dengan software yang berbahaya. Jadi sebaiknya pelajari tanda-tanda dari komputer atau perangkat yang sudah terinfeksi virus dan bagaimana cara menghapus software yang berbahaya. Oh iya, jangan lupa selalu perbarui browser secara berkala dan aplikasi yang mencurigakan.

Langkah terakhir adalah jangan pernah klik URL yang mencurigakan, meski itu datang dari teman yang dikenal. Ini termasuk link di Facebook atau berasal dari email. Pasalnya Facebook diklaim tidak pernah meminta password penggunanya melalui email.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan fitur keamanan tambahan. Jadi, Anda akan bisa mendapatkan pemberitahuan terkait login tidak dikenal dan memilih teman untuk menjadi kontak terpercaya. Tak ketinggalan, Anda juga bisa mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Ini akan berguna ketika Anda login ke Facebook dari komputer, maka Anda akan dapat melakukan pemeriksaan keamanan untuk memeriksa pengaturan keamanan Anda.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga