Tips Memilih Aplikasi Kredit Online Terbaik dan Memberi Banyak Kemudahan

Ilustrasi Pinjaman Online
Ilustrasi Pinjaman Online

AKURATNEWS - Aplikasi kredit online saat ini kerap jadi pertimbangan ketika mengalami permasalahan keuangan yang mendesak. Namun, Anda perlu waspada dalam melakukan pemilihan layanan kredit yang bisa Anda dapatkan secara daring tersebut. Salah-salah, Anda bakal berhadapan dengan permasalahan finansial yang tidak kunjung usai.

Fenomena buruk yang diakibatkan dari kesalahan pemakaian aplikasi kredit online sudah banyak dirasakan oleh masyarakat awam. Penggunaan layanan pinjaman online (pinjol) dari berbagai fintech terbukti tidak mampu menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi. Sebaliknya, fintech pinjol tersebut malah jadi sumber permasalahan baru.

5 Aspek Penting yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Layanan Kredit Online

Mengaca pada berbagai pengalaman buruk tersebut, Anda perlu hati-hati dalam menggunakan layanan kredit online. Ada 5 tips penting yang perlu Anda terapkan dalam memilih aplikasi kredit daring di internet, yaitu:

1. Tenor Pinjaman

Saat menggunakan layanan kredit, baik yang bersifat offline atau online, Anda perlu memperhatikan tenornya. Hal ini sangat penting karena berkaitan erat dengan perencanaan keuangan bulanan. Anda dapat memilih untuk mengajukan kredit dengan tenor yang singkat atau lama.

Terlepas dari pilihan tenor yang Anda manfaatkan, pastikan bahwa pembayaran cicilan tidak mengganggu kondisi keuangan bulanan. Tenor lama memberi manfaat nilai cicilan yang ringan. Sementara itu, tenor singkat berguna agar Anda bisa melunasi kredit lebih cepat.

2. Legalitas Layanan

Aspek selanjutnya yang harus Anda cermati saat mengajukan kredit online adalah legalitas. Anda harus memastikan kalau penyedia layanan kredit daring merupakan perusahaan dengan identitas jelas. Tak cukup sampai di situ, pastikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Legalitas usaha di OJK merupakan salah satu bentuk jaminan penting untuk keamanan dan kenyamanan pengguna layanan.

3. Tingkat Bunga dan biaya lain

Saat mengajukan kredit online, Anda perlu memperhitungkan tingkat bunga pinjaman. Tak menutup kemungkinan, Anda akan memperoleh penawaran pinjaman online yang disertai dengan bunga tinggi. Alhasil, beban pembayaran yang perlu Anda lakukan setiap bulan bakal cukup besar.

Tidak hanya berkaitan dengan bunga, cermati pula keberadaan biaya lain yang perlu Anda bayar saat mengajukan pinjaman. Tak menutup kemungkinan pihak perusahaan akan menetapkan biaya administrasi yang jumlahnya cukup besar. Bahkan, bisa jadi mereka akan melakukan pemotongan biaya tersebut secara langsung dari pinjaman yang Anda terima.

4. Pemakaian Dana

Anda juga perlu memperhatikan kemudahan pemakaian dana pinjaman. Dewasa ini, Anda bisa menemukan berbagai penawaran kredit yang penggunaannya terbatas pada platform tertentu. Alhasil, Anda tidak bisa secara bebas memanfaatkan dana yang telah Anda pinjam.

5. Kemudahan Pencairan Dana

Aspek terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah proses pencairan dana. Anda perlu mencari tahu proses yang harus dilalui sebelum perusahaan mencairkan dana. Hal ini penting, terutama ketika Anda memerlukan dana tersebut untuk keperluan darurat.

Solusi Kredit Online Terbaik

Berlandaskan pada 5 faktor tersebut, solusi kredit online terbaik bisa Anda dapatkan dari Traveloka PayLater. Traveloka menyediakan dana pinjaman dengan batas mencapai Rp50 juta yang bisa dicicil dalam waktu 12 bulan. Anda tidak perlu membayar biaya administrasi dan besaran bunganya cukup kecil, berlaku flat antara 2,52% - 4,78%.

Untuk memperoleh manfaat yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan layanan Traveloka PayLater Card. Penggunaan layanan ini memberi benefit tambahan pada nilai bunga yang lebih kecil dan tenor mencapai 24 bulan. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan PayLater Card untuk transaksi online dan offline, tidak terbatas hanya di platform Traveloka.

Dengan Traveloka PayLater, Anda bisa memperoleh manfaat kredit online tanpa perlu khawatir masalah di masa depan.

Penulis: Redaksi

Baca Juga