Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!

Ilustrasi - Tips Merawat Mobil
Ilustrasi - Tips Merawat Mobil

AKURATNEWS - Anda pasti membutuhkan tips merawat mobil, karena tentunya mobil ini memang harus selalu rajin dirawat agar bisa bekerja dengan baik dan benar saat digunakan.

Dengan merawat mobil ini tentunya juga akan membuat mobil Anda lebih berumur panjang dibanding ketika Anda jarang merawatnya.

Anda tidak perlu harus datang ke bengkel karena nyatanya Anda bisa merawatnya sendiri di rumah dan sekali-kali membawanya ke bengkel jika perlu.

Dengan ini Anda bisa menjaga kondisi mobil dengan mudah, Anda juga bisa memastikan jika semua komponen pada mobil dalam keadaan baik.

Redaksi telah mendapatkan informasi dari narasumber Helda Sihombing, Selaku Content Manager dari Perusahaan Startup Otoklix.

Otoklix adalah sebuah platform yang melakukan listing terhadap service dan jasa agar para pengguna mobil bisa mendapatkan jasa dan layanan yang terbaik dengan harga yang pasti dan transparant.

Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga khusus seperti bulan ini dengan event GoGoKlix.

“Meskipun mobil tidak dibawa berkendara jauh namun ada baiknya Anda tetap merawatnya, agar tetap baik performanya ketika digunakan.

Nah jika Anda ingin melakukan perawatan mobil di rumah sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mobil Anda selalu dalam keadaan baik.” Ucap Helda.

Tips Merawat Mobil dengan Benar, Jangan Sampai Salah

Merawat mobil sebaiknya harus kita lakukan. Namun tidak jarang masih banyak orang yang mengabaikan hal ini. Bahkan mereka sangat acuh dengan keadaan radiator, dan biasanya mulai membawanya ke bengkel saat mobil sudah bermasalah, tentunya hal ini tidaklah benar.

Sebaiknya Anda tetap merawat semua komponen pada mobil agar mobil tersebut nyaman digunakan dan tidak mengakibatkan kerusakan lebih parah di kemudian hari. Apalagi jika radiator mobil Anda kotor bisa jadi malah mempengaruhi kualitas mesin mobil dan membuatnya cepat rusak.

“Anda tidak harus datang ke bengkel. Cukup membuka aplikasi bengkel mobil dari ponsel Anda, dan mempraktekkannya di rumah. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil, agar mobil dalam keadaan yang prima serta tahan lama.” Tandas Helda.

Memanaskan Mesin dengan Teratur

Tips merawat mobil yang pertama Anda harus selalu rajin memanaskan mesin mobil terutama ketika pagi hari dan saat ingin digunakan. Karena banyak komponen mobil yang harus selalu terlumasi dengan baik apalagi pada bagian mesin sehingga mobil dapat bekerja dengan baik.

“Anda perlu memanaskan mobil agar semua komponen pada mobil tersebut bisa terlumasi dengan baik. Selain itu hal ini juga bisa Anda gunakan untuk memastikan komponen mobil lainnya dalam keadaan baik dan berjalan dengan normal.” Ungkap Helda saat di wawancara via Online.

Bersihkan Area Ruang Mesin

Meskipun area ruang mesin ini sudah dilindungi oleh kap pelindung nyatanya area ini bisa saja ditempeli debu dan kotoran. Jika tidak dibersihkan dan menumpuk hal ini tentunya akan berpengaruh pada kinerja mesin. Untuk itu Anda juga harus rutin membersihkan area ini.

Selain itu, dengan membersihkan ruang mesin secara berkala juga akan sangat bermanfaat untuk menjaga kinerja mesin mobil. Dengan ini mesin mobil Anda akan selalu dalam keadaan yang normal, sehingga akan terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu kinerjanya.

Cuci Bagian Eksterior

Tips merawat mobil ini juga tidak kalah pentingnya, bahkan mungkin masih banyak orang yang mengabaikan hal ini. Padahal mencuci bagian eksterior mobil ini juga tidak kalah pentingnya, karena mobil yang sering digunakan pasti akan terpapar debu dan kotoran.

Nah, makanya Anda harus rajin mencuci bagian eksterior mobil agar mobil Anda selalu dalam keadaan bersih ketika digunakan. Ketika bagian dalam dan luar mobil bersih tentunya Anda juga lebih nyaman ketika menggunakannya.

Cek Ban dan Tekanan

Ternyata cara merawat mobil satu ini tidak kalah pentingnya, apalagi seperti yang kita tahu ban dan tekanan tentunya berperan sangat penting dalam sebuah mobil. Sehingga Anda harus selalu rutin memeriksa keadaan ban dan tekanan, apalagi ketika Anda ingin melakukan perjalanan jauh.

Anda harus memastikan jika tekanannya dalam keadaan baik begitupun dengan keadaan ban, karena hal ini sangat berpengaruh untuk keselamatan Anda. Dengan ini memeriksa keadaan ban dan tekanan minimal satu bulan sekali pasti Anda akan jauh lebih tenang ketika menggunakannya.

Pastikan Radiator Tertutup Rapat

Tips merawat mobil selanjutnya Anda juga harus selalu memastikan jika radiator tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada cairan radiator coolant, karena hal ini mungkin terjadi saat kondisi radiator yang menahan mesin dalam kondisi terlalu panas.

Makanya saat Anda membuka radiator untuk sekedar memeriksanya, sebaiknya Anda harus selalu memastikan jika radiator tersebut sudah tertutup dengan rapat. Sehingga tidak akan terjadi kebocoran akibat kelalaian Anda saat menutup radiator.

Perhatikan Jarak Tempuh Anda

Tips merawat mobil selanjutnya Anda juga harus selalu memperhatikan jarak tempuh saat berkendara. Sebaiknya jika Anda sudah mencapai jarak tempuh hingga 40.0000 km Anda harus segera mengganti coolant, karena pasti coolant sudah tidak bisa bekerja maksimal.

Jangan Memaksakan Kendaraan

Sebaiknya Anda juga jangan memaksakan kendaraan terutama ketika terjadi overheat, sebaiknya ketika terjadi overheat Anda segera memeriksanya. Tips Merawat Mobil periksa apakah ada masalah pada bagian coolant seperti kebocoran, segera mungkin Anda harus menghubungi bengkel terdekat. Kabar baiknya Anda pengguna Otoklik, Anda berkesempatan untuk mendapatkan ganti oli gratis. Tertarik? Yuk, segera kepoin di GoGoKlix.***

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Ahyar

Baca Juga