TMMD 111 Jadi Karya Nyata TNI Untuk Rakyat

AKURATNEWS - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) dinilai mampu menjadi karya nyata TNI untuk rakyat.

Hal itu dapat dilihat dari terbukanya jalan oleh satgas TMMD ke-111 yang membuat terbukanya harapan baru masyarakat untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desanya tersebut.

"Pertanian akan menjadi komoditi utama untuk menggerakan dan memajukan perekonomian masyarakat," kata Dandim 0911/Nunukan selaku Dansatgas TMMD 111 Letkol Czi Eko Pur Indriyanto di lokasi TMMD, Minggu (11/7).

Indriyanto mengungkapkan, selain mempunyai tugas pokok menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI juga berperan aktif dalam meningkatkan dan memajukan kesejahteraan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan program pembukaan jalan yang dilaksanakan saat ini.

"Melalui program pembangunan dan pengembangan diharapkan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat serta peningkatkan perekonomiannya. Selain itu dengan program TMMD pemerataan pembangunan akan cepat tercapai dalam membantu Pemerintah Daerah," tambahnya.

Dalam Program TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.850 x 6 meter, pembangunan empat buah plat duiker dengan ukuran 1,5 x 6 meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak lima unit.

Untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV/AIDS), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid-19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga