TMMD Nunukan Bangun MCK dan Penampungan Air Bersih Desa Binusan Dalam

AKURATNEWS - Kebutuhan air bersih dalam kehidupan sehari-hari mutlak diperlukan. Baik untuk kebersihan diri dan keluarga, juga untuk kebutuhan pangan.

Hal ini menjadi salah satu fokus kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Dandim 0911/Nunukan sekaligus Dansatgas TMMD ke 111, Letkol Czi Eko Pur Indriyanto menjelaskan, untuk mengatasi masalah ketersediaan air bersih warga desa, Satgas TMMD bersama warga terus berupaya menyempurnakan pembangunan penampungan air bersih.

"Air bersih tersebut nantinya akan dialirkan menuju tendon air sebanyak dia unit yang mampu menampung sebanyak 4.000 liter air. Besar harapan setiap harinya air tersebut bisa langsung menuju rumah warga," kata Letkol Eko Pur Indriyanto, Kamis (1/7).

Sementara Ketua RT 11 Desa Binusan Dalam, Sappe menambahkan, di RT 11 sudah ada sumber mata air, namun sarana di sumber mata air tersebut masih kurang memadai. Karenanya diupayakan pengerjaan sasaran fisik oleh kegiatan TMMD ini, disempurnakan pada sumber mata air tersebut.

"Tujuannya agar air bisa dialirkan ke penampungan utama, kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga. Tanpa harus warga mendatangi sumber air, warga sudah bisa nikmati air bersih dirumahnya dengan membuka keran," ujar Sappe.

Warga RT 11 Desa Binusan Dalam, Nandra, menyambut gembira penampungan air bersih oleh Satgas TMMD untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

"Kesulitan ini menjadi realita yang harus dihadapi. Warga kebanyakan menggunakan tadah hujan di rumahnya, dengan menggunakan talang air dan tempat penampungan," kata Nandra.

Nandra melanjutkan, untuk mendapatkan air bersih, warga harus melalui jalan yang jauh dan medan yang tidak mudah. Kata dia, terkadang apa yang diambil tidak sepadan dengan lelah saat tiba di rumah.

"Kalau mau air bersih, warga Desa binusan dalam dipaksa berjalan berkilo-kilometer dengan medan yang dinamis hingga membuat untuk pulang pergi bisa berkeringat," ucapnya.

Dijelaskan Nandra, untuk membawa satu jerigen dengan isi 10 liter air bersih sudah kewalahan jika harus bolak-balik.

"Dulu pergi ambil air, berair juga badan kita. Sekarang sudah tidak lagi, Puji Tuhan ada TMMD yang masuk dan membuat air mendatangi kita," ungkap Nandra.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga