TNI AU Akan Beli 35 Unit Mobil Esemka

Kasau, Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat mencoba mobil Esemka Bima.

Boyolali, Akuratnews.com - TNI AU akan berencana membeli 35 unit mobil Esemka tipe Bima 1.3 untuk mendorong industri dalam negeri.

"Guna mendorong tumbuh kembangnya industri mobil dalam negeri, TNI Angkatan Udara berencana membeli 35 unit kendaraan roda empat Esemka tipe Bima 1.3," kata Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, saat mengunjungi PT. Solo Manufaktur Kreasi di Solo, Selasa (24/9/2019).

Pembelian 35 unit mobil Esemka itu untuk mendukung kegiatan dinas dan operasional penerbangan dan berbagai keperluan lainnya, di mana TNI AU membutuhkan kendaraan dinas yang bisa dikerahkan sewaktu-waktu dalam mendukung pergerakan di sekitar landasan.

"Nantinya 35 unit mobil Esemka tipe Bima ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan operasional di satuan operasi khususnya Skadron Udara dan Skadron Teknik, kemudian kendaraan akan dicat dengan warna kuning dan strip hitam, sebagai ciri kendaraan yang dapat dioperasikan di sekitar landasan oleh Depohar 50," ujarnya.

Menurut Kasau, keputusan pembelian mobil Esemka ini sudah melalui kajian yang dilaksanakan oleh staf, dengan mempertimbangkan tiga hal penting yaitu faktor ekonomi yakni harga yang kompetitif dibanding mobil sejenis, kemudian adanya jaminan pemerintah pusat terhadap pengembangan Esemka, dengan harapan memiliki pelayanan purnajual (after sales service) yang lebih baik, serta untuk mendukung pengembangan industri dalam negeri.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yandi Permana
Editor: Redaksi

Baca Juga