Tongkat dan Borgol itu Alat Pertahanan Anggota Polri, Kata Kapolres Pekalongan

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si saat mengecek perlengkapan anggotanya. (Foto: Syarifuddin/Akuratnews.com)

Pekalongan, Akuratnews.com - Kepala Kepolisian Resor Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si pagi tadi secara mendadak melakukan pengecekan perlengkapan perorangan usai apel pagi di halaman Mapolres Pekalongan, Senin (14/10/2019).

“Hari ini seluruh personel Polres maupun Polsek kita apelkan. Kita melakukan pengecekan perlengkapan satu persatu mulai dari tongkat polri, borgol polri hingga lampu senter,” kata Kapolres Pekalongan.

Tongkat dan borgol merupakan atribut wajib saat mengenakan pakaian dinas. Tongkat bukanlah hanya hiasan di tubuh polisi. Keduanya memiliki fungsi pertahanan maupun saat menyerang, bahkan harus melekat di tubuh anggota saat berdinas.

Saat ini tongkat dan borgol wajib dibawa polisi berseragam. Namun tidak hanya sebagai pajangan, melainkan harus difungsikan sebagaimana mestinya.

"Tongkat dan borgol itu menunjang kinerja kepolisian, bukan sebagai pajangan. Ini sebagai upaya untuk profesionalisme polisi," kata Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si . (*)

Penulis: Syarifuddin

Baca Juga