Tora Sudiro Dipindahkan ke BNN

Jakarta, Akuratnews.com - Polres Metro Jakarta Selatan membawa artis Tora Sudiro ke Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Jakarta Timur. Suami dari Mieke Amalia ini dibawa hari ini Sabtu (05/07/17) sekitar pukul 14.00 WIB diam-diam tanpa sepengetahuan awak media dari Polres Jakarta Selatan.

Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Sulistyandriatmoko menjelaskan, pemindahan Tora Sudiro untuk mendapatkan assesment atau penilaian komprehensif dari tim medis BNN. Hasil pemeriksaan itu akan menentukan apakah Tora Sudiro perlu direhabilitasi atau tidak.

"Mereka datang sekitar pukul 14.30 untuk mendapatkan assesment (penilaian komprehensif tim) medis dari BNN. Mengenai apakah Tora akan direhab atau tidak dan jika direhab mau dimana, itu kewenangan penyidik Polres Jaksel," tutur Sulistyandriatmoko.

Sulis menerangkan, pelaksanaan assesment medis terhadap Tora Sudiro di BNN dilakukan oleh tim dokter dan psikolog BNN. Tim menilai dan memberi masukan tentang tingkat ketergantungan Tora, dan tentang langkah terapi yang akan diambil. Sulistyandriatmoko menambahkan, dalam assesment ini, Tora Sudiro tidak diperiksa darah dan rambutnya karena tindakan tersebut menjadi kewenangan penyidik.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung menjelaskan, setelah melakukan assesment di BNN Tora Sudiro akan kembali ke Mapolres Metro Jakarta Selatan.

"Kemarin baru diadakan secara konseling. Jadi, ya kita membutuhkan yang lebih dalam pemeriksaannya supaya akurat," tandasnya. Sebelumnya, Tora Sudiro telah menjalankan pemeriksaan berupa tanya jawab di Mapolres Metro Jakarta Selatan

Sementara itu, praktisi hukum Hotman Paris Hutapea menjabarkan, tindakan Tora Sudiro yang menyimpan dumolid bukan suatu tindak pidana. Lebih lanjut, tidak bisa digolongkan sebagai tindak pidana pemakai narkoba lantatan dumolid tergolong jenis obat penenang yang sah diperjualbelikan di apotek. Meski membeli obat tanpa resep dokter termasuk perbuatan terlarang, tetapi bukan termasuk tindak pidana. (Setyo)

Penulis:

Baca Juga