oleh

Transjakarta Siapkan 2.100 Bus Selama Asian Games

Jakarta, Akuratnews.com – Pelaksanaan Asian Games 2018 akan dimulai hari ini, Sabtu (18/08/2018). Untuk membantu atlet dan ofisial bisa menuju venue dengan cepat serta masyarakat tidak mengendarai kendaraan pribadi, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan 2.100 unit bus Transjakarta.

Dengan rincian, sebanyak 350 bus Transjakarta dialokasikan untuk angkutan atlet dan ofisial. Sedangkan 1.750 unit untuk layanan reguler yang akan melayani koridor Bus Rapid Transit (BRT) dan non BRT.

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan pihaknya diberikan tugas oleh Pemprov DKI untuk aktif dalam pelayanan transportasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta. Karena itu, pihaknya sudah memberikan pengarahan kepada para pramudi dan seluruh petugas yang akan mengoperasikan armadanya untuk operasional Asian Games.

“Memang pengarahannya, bus-bus baru ini akan kita gunakan untuk operasional Transjakarta di masa depan. Tapi kami sesuaikan jadwal kedatangannya dengan pelaksanaan Asian Games. Supaya pada saat tamu-tamu negara datang nanti, bus kita masih baru. Jadi selain Volvo, ada Scania yang juga buatan Swedia,” kata Budi, Sabtu (18/08/2018).

Total bus Transjakarta yang saat ini sudah beroperasi melayani koridor dan non koridor, menurut Budi, sudah mencapai 1.600 unit.

Dengan adanya penambahan bus baru ini, maka total jumlah armada pada saat Asian Games 2018 akan mencapai 2.100 unit.

Artinya ada penambahan sebanyak 500 unit armada untuk mendukung kelancaran transportasi warga selama Asian Games 2018.

“Dari jumlah itu, khusus untuk transportasi atlet dan ofisial sudah kita siapkan 350 unit. Sedangkan untuk layanan reguler kita alokasikan 1.750 unit,” ujarnya.

Nantinya, setelah selesai Asian Games 2018, 350 bus armada untuk atlet dan ofisial akan dioperasikan untuk tambahan armada layanan reguler Transjakarta, baik di koridor BRT maupun non BRT.

Dengan begitu, akan semakin banyak armada Transjakarta yang akan melayani warga. Sehingga target 1 juta penumpang di akhir tahun 2018 bisa tercapai.

Sedangkan Kepala Humas Transjakarta, Wibowo mengatakan pihaknya tidak melakukan pengadaan bus khusus untuk Asian Games 2018.

Semua armada yang baru tersebut, memang direncanakan akan dioperasikan untuk menambah layanan Transjakarta.

“Tidakada pengadaan bus untuk Asian Games. Bus Metrotrans maupun Royaltrans itu untuk operasional Transjakarta. Metrotrans tentunya untuk non BRT. Jadi 1.750 untuk layanan regular. Sisanya untuk atlet. Untuk Metrotrans ada 300 unit,” jelasnya. (Muj)

Komentar

News Feed