Truk Sawit Resahkan Warga Paya Bili

Jalanan rusak di desa Bili Dua, Aceh Timur menimbulkan keresahan warga akibat Truk angkut kelapa sawit dan kayu yang melebihi tonase. Rabu (23/01) (Akuratnews)
Jalanan rusak di desa Paya Bili Dua, Aceh Timur menimbulkan keresahan warga akibat Truk angkut kelapa sawit dan kayu yang melebihi tonase. Rabu (23/01) (Akuratnews)

Aceh Timur, Akuratnews.com- Warga di Desa Paya Bili Dua Kecamatan Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur resah dengan ada nya truk bermuatan kelapa sawit milik perkebunan PTPN I berkpasitas besar serta truk bermuatan kayu sering melintas dari arah Blang Tualang dan Paya Tampah menuju arah Birem Keude.



Jalan desa itu menjadi Lintasan truk pengangkut buah kelapa sawit milik perkebunan PTPN I dengan kapasitas melebihi tonase ini ditengarai penyebab kerusakan badan jalan di beberapa Desa di Birem Bayeun, Aceh Timur demikian juga dengan truk pengangkut kayu yang kerap melintasi dijalan desa tersebut.

Setidak nya ada beberapa desa yang mengalami kerusakan badan jalan, jalan Desa Alue Teh, jalan desa menuju Alur Nyamuk, dusun Alur Jembatan jalan desa Paya Bili Dua, juga jalan desa Paya Bili Sa, yang sudah 15 tahun rusak tanpa ada perhatian dari pemerintah terkait demikian juga dengan perusahaan perkebunan plat merah yaitu PTPN I sama sekali tidak pernah memperhatikan kondisi jalan desa disekitar lahan perkebunan meskipun setiap hari menjadi lintasan armada pengangkut buah kelapa sawit PTPN I.

Warga setempat merasa heran mengapa kondisi jalan yang rusak hingga 15 tahun itu tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah juga pihak perkebunan PTPN I.

Wira yang merupakan salah satu tokoh pemuda didesa Paya Bili Dua kecamatan Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur sempat heran. " Padahak di kecamatan Birem Bayeun ada dua orang putra daerah yang terpilih sudah lima tahun menjadi anggota DPRD Kabupaten Aceh Timur, namun belum juga mampu untuk membangun dan merubah daerah nya sendiri seperti ruas jalan di beberapa desa dalam wilayah kecamatan Birem Bayeun, yang sudah 15 tahun kondisi jalan rusak parah" kata Wira (23/01/2019).

"Ditengarai truk pengangkut buah kelapa sawit milik Perkebunan PTPN I yang setiap hari melintas melebihi tonase, demikian juga dengan truk pengangkut kayu balok setiap malam melintas di jalan desa Alur Nyamuk dan Paya Bili Dua."ungkap Wira.

"Kami sangat berharap agar pemerintah daerah kabupaten Aceh Timur demikian juga dengan pihak perushaan perkebunan PTPN I dapat segera memperbaiki jalan desa yang sudah 15 tahun rusak parah, "harap Wira.

Demikian juga sejumlah warga Paya Bili Dua yang asyk menikmati kopi di warung kek Padi meng'amin kan hal tersebut.(tim)

Penulis:

Baca Juga