Krisis Politik Hongkong

Tuduh Hasut Demonstran, China Tolak Dua Kapal Perang AS ke Hong Kong

USS Lake Erie. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com - Panasnya hubungan dagang China dan Amerika Serikat (AS) berimbas pada kecurigaan China yang menduga AS turut bermain dalam kisruh kekerasan Kelompok pro demokrasi di Hong Kong. China pun menolak kunjungan dua Kapal Perang AS ke Pelabuhan Hong Kong.

Ricuh politik di Hong Kong akhir-akhir ini membuat pemerintah Beijing marah terhadap kelompok Pro-demokrasi. Kejengkelan China dituangkan dalam tuduhan terhadap AS.

China menuduh AS telah menghasut massa pro-demokrasi melakukan kekerasan terhadap polisi. Intervensi terhadap wilayah kekuasaan China di Hong Kong membuat China meradang.

Laporan intelijen AS menyebutkan, eskalasi pasukan China di perbatasan dengan Hong Kong. Inilah yang mendasari pernyataan Donald Trump yang khawatir China akan melakukan intervensi lebih jauh terkait situasi di Hong Kong.

Situasi menjadi panas setelah Wakil juru bicara Armada Pasifik AS, Komandan Nate Christensen, mengatakan bahwa China menolak memberikan izin untuk kapal perang AS, USS Green Bay dan USS Lake Erie yang akan mengunjungi Hong Kong dalam beberapa minggu mendatang.

"Angkatan Laut AS memiliki rekam jejak yang panjang tentang kunjungan pelabuhan yang sukses ke Hong Kong, dan kami berharap mereka akan melanjutkan," kata Christensen lansir Times pada Rabu (14/8/2019).

"Kami merujuk Anda ke pemerintah China untuk informasi lebih lanjut tentang mengapa mereka menolak permintaan itu," tandasnya.**

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga