Atasi Krisis Air Bersih

Tujuh Desa di Pulosari Kabupaten Pemalang Gelar Salat Istisqo Secara Bergiliran

Pemalang, Akuratnews.com - Kemarau panjang membuat masyarakat di tujuh desa Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah didera krisis air bersih.

Menurut Camat Pulosari Ahmadi Kondisi sulit air sudah dialami warga sejak Juli lalu atau persisnya setelah Lebaran. Hingga kini ada tujuh desa di Pulosari yang kondisi krisis airnya cukup parah, diantaranya Batursari, Clekatakan, Pagenteran, Siremeng, Penangkir, Gunungsari dan Jurangmangu. Sedangkan Cikendung dan Pulosari menimpa sebagian.

Masyarakat di tujuh desa di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang menggelar Salat Istisqo untuk meminta hujan.Ritual salat meminta hujan digelar secara bergiliran di masing-masing desa.

"Desa-desa lainnya insya Allah juga akan melaksanakan Salat Istisqa. Seperti kemarin di Batursari, hari ini Jurangmangu dan Clekatakan, besok Siremeng dan seterusnya," katanya.

Kondisi geografis Kecamatan Pulosari yang terletak di lereng Gunung Slamet , menyebabkan jaringan PDAM tidak bisa menjamah seluruh wilayah tersebut.

Selain membeli, warga juga mengandalkan kiriman bantuan air bersih baik dari pemerintah, instansi maupun organisasi masyarakat.

Sementara Kepala desa Clekatakan mengatakan bahwa pelaksanaan salat istisqo dilaksanakan di lapangan desa Clekatakan pukul 14:00 Wib yang dipimpin tokoh agama setempat seluruh warga desa , dengan harapan diadakannya salat istiqo ini kemarau panjangpun berakhir.

Penulis: Yusfi W.S
Editor:Redaksi

Baca Juga