Tunjangan Tamsil Guru 2021 Carry Over Akan Dibayar Triwulan Pertama 2022

Kabid Pembinaan dan Kepegawaian Dikbud Muna Sultra, La Ode Sarmin
Kabid Pembinaan dan Kepegawaian Dikbud Muna Sultra, La Ode Sarmin

AKURATNEWS - Beberapa Guru di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sudah terdata oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), sebagai penerima tunjangan tambahan penghasil (Tamsil) mulai resah.

Pasalnya,hingga akhir tahun 2021 ini akan berakhi mereka belum mendapatkan kabar kapan hak mereka akan terbayarkan.

Menanggapi hal itu Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Dikbud Muna , La Ode Sarmin mengatakan bahwa untuk tahun ini bagi Guru guru penerima Tamsil belum bisa menerima hak mereka dikarenakan Anggaran untuk masih memiliki kekurangan.

" Yang kita usulkan itu sekitar Rp 203 juta di Keuangan. Namun kekurangannya sekitar Rp 50 juta. Jadi tahun ini anggaran itu Carry Over yang akan dibayarkan pada triwulan pertama tahun 2022. Itu terjadi karena anggaran keseluruhan untuk tamsil belum masuk di Keuangan," Katanya.

Kata Dia, di Keuangan hanya anggaran Guru guru Daerah terpencil yang sudah diproses dan siap dibayarkan sebelum akhir tahun ini berlalu.

" Untuk Dacil sudah siap dicairkan langsung ke rekening Guru guru penerima Dacil. Dan untuk Guru guru penerima Tamsil kami berharap mereka memahami kondisi ini. Kami juga sudah berupaya semaksimal mungkin. Hanya itu kendalanya anggaran mereka belum masuk di keuangan," Terangnya saat ditemui diruang kerjanya.

Sementara Bendahara Dikbud Muna, Narti, yang juga ditemui diruang kerjanya.membenarkan hal itu.

" Iya benar kekurangannya sekitar Rp 52 juta dari Rp 203 juta permintaan Dikbud di Keuangan. Itu yang mengakibatkan tidak jadi dicairkan," Ucapnya.

Ditambahkan Narti, walaupun tahun ini dana Tamsil itu tidak jadi di cairkan (Carry Over), tahun 2022 di triwulan pertama itu akan sekaligus menerima sembilan bulan dari dua tri Wulan tahun 20221 dan satu triwulan pertama untuk tahun 2022.

"Untuk Dacil aman, begitu juga tunjangan sertifikasi triwulan empat sudah siap dicairkan langsung kerekening Guru guru," Pungkasnya.

Jumlah Guru penerima Tunjangan Dacil atau Tunjangan Khusus untk Guru TK 2 , SD 45, dan SMP 47 dengan total 92 orang Guru.

Sementara jumlah Guru penerima tunjangan Tamsil adalah sebanyak 274 orang yakni untuk TK 26, SD 177 dan SMP 71 dengan besar 250 perorang Guru dalam setiap kali penerimaan hak mereka.***

Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga