Ulang Tahun ke 76, PLN Diminta Jangan Jatuh Pada Lubang yang Sama

PT. PLN. (Foto ilustrasi).
PT. PLN. (Foto ilustrasi).

AKURATNEWS - Menyambut hari ulang tahun PLN yang ke-76, anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto minta agar perusahaan plat merah ini dapat menyediakan listrik secara cukup, andal dan efisien.

Dia berharap PLN tidak jatuh pada lubang yang sama yaitu mengulang pengalaman pahit dan kesalahan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Permintaan saya yang sekaligus harapan masyarakat kepada PLN adalah agar tarif listrik murah terjaga dan tidak byar-pet. Jangan hanya disebabkan karena pohon sengon, terjadi black-out listrik se-pulau Jawa," kata Mulyanto dalam menyambut ulang tahun PLN  ke-76, pada 26 Oktober 2021.

Mulyanto menyatakan posisi PLN sangat strategis. PLN diberi kewenangan negara untuk mengelola ketenagalistrikan mulai dari produksi hingga distribusi, single buyer and seller. Karena itu Mulyanto berharap kondisi PLN bisa lebih baik setiap tahunnya.

Dari sisi tarif, kata Mulyanto, listrik PLN memang lebih murah dibanding Singapura, Thailand, Filipina, bahkan Kamboja. Namun kalau dibandingkan dengan Malaysia, Vietnam atau bahkan Laos, listrik PLN masih jauh lebih mahal.  Bahkan harga listrik di Malaysia hampir setengah dari harga listrik PLN.

"Berbeda dengan Indonesia, Malaysia selain menerapkan tarif listrik progresif, mereka juga menerapkan kebijakan dimana tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga lebih murah dibandingkan dengan harga listrik untuk bisnis.

Di kita terbalik, tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga lebih mahal dibandingkan tarif listrik untuk bisnis," jelas Mulyanto.

Karena itu kata Mulyanto, di usia yang semakin matang ini, PLN harus benar-benar dapat menarik hikmah dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Jangan sampai terulang kesalahan yang serupa.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi

Baca Juga