Enhancing Brain Function In Industrial Revolution 4.0

UMA Dan AGACIA Adakan Seminar Dan Workshop Neurofeedback

Medan, Akuratnews.com - Faktor Neurologis seperti otak merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gangguan gangguan Psikologis baik pada anak (seperti gangguan spektrum autisme, ADHD) maupun pada dewasa (seperti gangguan demensia, gangguan alzheimet atau Parkison). Namun otak manusia bersifat neuroplastis yang memungkinkan otak dapat bertransformasi dan memperbaiki dirinya sendiri baik secara struktur dan fungsinya. Tekhnologi neurofeedback merupakan teknik melatih fungsi otak untuk bekerja dengan lebih efektif.

Demikian bagian dari paparan Seminar dan Workshop Neurofeedback bertemakan Enhancing Brain Function Industrial Revolution 4.0 yang diselenggarakan Program Study Magister Psikologi Universitas Medan Area (UMA),
Agacia Brainscience Science International Malaysia dan Ikatan Konselor Indonesia (IKI) Sumatera Utara di aula Raja Inal Siregar kantor Gubsu di Medan, Sabtu (14/9/2019).

Seminar tersebut diikuti puluhan peserta berbagai institusi seperti Sekolah Luar Biasa, Guru guru di Sumut, Mahasiswa Psikologi, pemerhati pendidikan, maupun pegiat peduli disabilitas.

Ramadhansyah SPd Kons Panitia acara kepada Akuratnews.com menjelaskan, dua kegiatan yakni Seminar memaparkan tentang pengenalan fungsi otak, pengenalan masalah psikologis dan prilaku, pengenalan neurofeedback sebagai penanganan masalah psikologis dan prilaku anak.
Sedangkan workshop memaparkan memahami karakteristik dan gejala anak berkebutuhan khusus, mengenal brain assesment dan fungsinya, memahami neurofeedback therapy dan cara pengoperasiannya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para pendidik anak anak berkebutuhan khusus menguasai tehnik pendidikan bagi anak anak berkebutuhan khusus. Kegiatan Seminar dan workshop di Medan ini untuk yang ketiga kalinya" sebut Ramadhansah.

Sebagai pembicara dalam Seminar dan Workshop, Istiarsyah SPdi, SPd, MEd, PhD, Kepala SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen Yayasan Peduli Anak Disabilitas Indonesia, Ms Shiw Shin Yeen Managing Director of Agrecia Brain Science International Sdn Bhd Malaysia, Prof Dr Ir Retno Astuti K MS Direktur Program Pasca Sarjana UMA, Prof Dr Sri Milfayetty SPsi, MSKons Ketua Program Studi Magister Psikologi UMA.

Selain itu, Ramadhansyah jg menyebutkan Ikatan Konselor Indonesia (IKI) Sumut juga menyelenggarakan essassment dan therapi untuk anak anak berkebutuhan khusus dan prilaku menyimpang bertempat di IKI Sumut Jalan Letda Sujono Gang Apas Nomor 8, Bandar Selamat, Medan.

"Therapi bagi anak anak berkebutuhan khusus dikenakan biaya Rp 5 juta untuk bulan pertama dan Rp 4,3 juta untuk bulan berikutnya. Silahkan masyarakat memanfaatkan therapy tersebut" ujar Ramadhansyah.

Seminar juga disertai sesi tanya jawab serta mendapat respon positif dan antusias dari peserta.

Baca Juga