UMP Jalin Kemitraan dengan Pemdes Kesegera Banyumas

AKURATNEWS - Tim Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerjasama kemitraan dengan pemerintah Desa Kesegaran, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas dengan usulan program “Pengembangan Penderes Creative Hub (PCH) Sebagai pusat Wisata Edukasi Kerajinan Gula Kelapa”.

Menurut Ns. Susana Widyaningsih, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, Desa kesegeran memiliki potensi sebagai Desa Wisata Edukasi.

Selain sumberdaya alamnya yang memiliki budidaya pohon kelapa juga didukung oleh sumberdaya manusia yang rata-rata penduduknya memiliki pencaharian sebagai penderes .

Tim PPDM UMP yang beranggotakan Agus Mulyadi,SP.MP,Aman Suyadi,MP, Sulistiyani Budiningsih,SP.MP, Dr.Ir. Gayuh Prasetyo Budi,MP, Teguh Pribadi, M.Si, Arif Prashadi Santoso, S.TP.,SMc didukung oleh perangkat desa Kasegeran Cilongok serta unsur-unsur tokoh masyarakat yang berkomitmen untuk membentuk desa wisata pusat edukasi pengrajinan gula kelapa.

Kepala Desa Kasegeran Cilongok, Saefuddin, menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi yang sedikit terhambat karena pandemi Covid-19 perlu disiasati dengan terobosan-terobosan dari sektor lain seperti sektor wisata untuk menggali potensi desa dan supaya roda ekonomi masyarakat desa tetap bergerak.

Melihat potensi tersebut, tim PPDM UMP berupaya untuk membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi gula kelapa organik yang sesuai dengan standar kesehatan.

Lebih lanjut, kata Agus Mulyadi, ketua tim PPDM UMP untuk mendukung kuantitas dan kualitas produksi gula, kegiatan seputar pengembangan desa yang dilakukan adalah Edukasi dan Pelatihan pembuatan gula kelapa sesuai standar Good Manufacturing Product, penataan stok produksi gula kelapa ke pusat wisata edukasi serta dan penataan hasil produksi gula kelapa dengan kemasan yang bersih, menarik dan edukasi strategi pemasaran di pusat wisata edukasi. Program kerjasama ini dilakukan selama 8 bulan sejak Januari hingga Agustus 2021.

“Dalam pengembangan desa mitra “Penderes Creative Hub” atau pengembangan Kasegeran sebagai desa wisata pusat edukasi kerajinan gula kelapa di kabupaten Banyumas merupakan program yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)” Kata Agus Mulyadi.

Hal senada juga disampaikan Teguh, Selaku Dosen Pertanian UMP, mengatakan agar produksi gula kelapa di Desa Kasegeran memiliki nilai jual dipasaran, selain standar good manufacturing product, gula kelapa juga perlu didukung dengan kemasan dan strategi pemasaran yang baik.

Rencana tersebut nantinya akan didukung dengan penerapan hasil riset mahasiswa UMP terkait kemasan kedap udara (airtight product packaging) untuk mengemas hasil olahan kelapa, sehingga bisa tahan lama dengan kualitas yang terjaga.***

Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga