Panen Hujatan Balik Netizen

Umpatan Kasarnya Diingatkan Kang Emil, Ade Londok Ngeyel

Bandung, Akuratnews.com - Beberapa waktu lalu, nama Ade Londok mendadak terkenal lewat video viral Odading Mang Oleh. Hingga pria asal Kosambi, Bandung ini mendapat predikat Duta Kuliner Jawa Barat dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, berkat video viralnya, bak roket, popularitas Ade Londok terus menanjak menyusul video kolaborasinya dengan artis-artis papan atas hingga menjadi bintang tamu di sejumlah stasiun televisi swasta.

Viralnya video Ade Londok dan ketenarannya yang didapat dalam waktu yang relatif singkat ini memang tak lepas dari ciri khasnya dalam bertutur kata.

Dengan wajah polosnya, Ade Londok kerap melontarkan umpatan kasar yang biasa digunakan sebagai bahasa gaul dalam bahasa Sunda dengan nada keras.

Warganet hingga Ridwan Kamil sendiri sebenarnya sudah mengingatkan Ade Londok untuk tidak lagi melontarkan umpatan kasar itu. Namun, Ade seakan tak menghiraukan pesan itu. Dia berkilah bahwa ciri khasnya itu bukanlah umpatan, tapi ungkapan yang biasa digunakan sebagai bahasa gaul orang Sunda.

Namun kini, bak senjata makan tuan, umpatan khasnya berbuah makian publik. Sikap netizen terhadap Ade Londok pun berubah 180 derajat. Mereka ramai-ramai memaki Ade Londok hanya gara-gara unggahan videonya yang mengkritik seorang laki-laki yang berboncengan naik motor dengan seorang anak dengan barang bawaan cukup banyak.

Maksud Ade Londok mungkin ingin mengingatkan agar tidak mencontoh pengendara motor itu karena khawatir gadis kecil itu terjatuh.

Namun, karena umpatannya dan fakta bahwa sang gadis dan laki-laki pengendara motor adalah paman dan keponakannya yang usai berbelanja bagi warung tempat mereka mencari nafkah, Ade Londok pun kena batunya.

Ribuan komentar berbau kecaman dan makian dilontarkan warganet kepada Ade Londok dalam akun Instagramnya, @m.adelondok. Mereka juga menuntut Ade Londok meminta maaf secara langsung dan terbuka kepada paman bernama Ganis Hadi dan keponakannya bernama RD.

"Geus jadi artis teh kudu jadi conto. Omongan di jaga. Sia duta kuliner tapi omongan kitu patut. (Sudah jadi artis harus menjadi contoh. Kamu duta kuliner, tapi ngomong jelek seperti itu)" tulis akun @pebikm16.

"Menta hampura kanu dihina ku sia. Bahasa mah teu meuli. (Minta maaf sama orang yang kamu hina. Bahasa tidak perlu beli)," tulis akun @ryannugrahas.

Hingga kini, ribuan kecaman dan makian terus dilontarkan netizen. Mereka pun menyebut Ade Londok sebagai sosok sombong.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengangkatnya sebagai Duta Kuliner Jabar sebenarnya sudah mengingatkan Ade agar memperbaiki ucapannya. Namun Ade ngeyel dan tak memperdulikan peringatan Ridwan Kamil.

"Bahasanya tolong disesuaikan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

RD (8) gadis kecil yang dikritik Ade dengan bahasa kasarnya ini sempat terpukul dan murung.

"Pertama tahu (viral) ini anak sampai nangis, saya jadi ikut sedih juga," ujar Ganis.

Kini, kata Ganis, setelah diberikan penjelasan RD relatif lebih tenang dan sudah mau bermain lagi.

"Awalnya dia sedih sampai panas dingin, sama saya ditenangin. Kalau sekarang sudah tenang sedang main," ucapnya.

Dijelaskan Ganis, dalam video yang diunggah Ade Londok itu sebenarnya RD sedang makan roti, sehingga kepalanya menunduk dan terlihat sedang mengantuk.

"Itu hari Sabtu, habis saya belanja, mau pulang ke Nagreg. Saya juga tahu dia terlalu belakang (duduknya), jadi saya suruh pegangan ke jaket saya, satu tangannya lagi saat itu memegang roti," jelas Ganis.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga