Unik, Spot Jajanan Kerek Ember Ini Diapresiasi Wagub DKI

AKURATNEWS - Tak banyak yang tahu, ada sebuah spot jajanan unik di kawasan belakang Hotel Four Season, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Spot jajanan ini unik lantaran memanfaatkan media ember yang dikerek di atas sungai antara kawasan Hotel Four Season dengan warung yang terletak di perumahan di seberang sungai.

Jadi, jika hendak membeli jajanan yang dijual warung tersebut, pembeli di seberang warung tinggal melihat menu yang disematkan di ember dan tidak lupa menaruh uang sesuai harga jajanan.

Pemilik warung juga mencantumkan contact person yang dapat dihubungi jika calon pembeli memiliki pertanyaan.

Dan kemudian, pemilik warung mengerek ember itu untuk kemudian mengisinya dengan jajanan yang dipesan untuk kemudian dikerek kembali menuju ke pembeli.

Spot jajanan ini pun menjadi viral usai diunggah videonya di media sosial oleh beberapa orang pesepeda yang jajan.

Salah satu pesepeda, Indira Sarasvati yang juga pendiri SpoonInc Visual Communication, menyebut hal ini sebagai sebuah 'kearifan lokal'.

“First experience nyobain #WSKEREK alias jajan yg dikirm pakai ember kerek dari warung sebrang sungai,” tulis Indira di akun Instagram-nya @indisaka.

Ia pun mempraktikkan prosesi 'jajan' tersebut dengan meletakkan sejumlah uang sesuai dengan pesanannya ke dalam ember yang kemudian dikerek menggunakan tali hingga ke seberang sungai. Beberapa saat kemudian, ember dengan semua pesanan datang menghampirinya lagi.

“Gua jajan bakwan dua, sama tempe, sama apalagi? Lontong,” ujar Indira.

“Ini sistem kerek, ya. Ini biar orang-orang pada tahu,” imbuhnya seraya menunjukkan tali yang dibuat melingkari salah satu pembatas jembatan yang terhubung dengan seberang sungai.

“Hap! Kearifan lokal,” serunya ketika pesanan berhasil diterimanya dengan selamat. “Mari piknik!” serunya.

Spot jajanan unik ini pun sampai ke telinga Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ariza Patria. Ia pun mengunggah ulang video itu di akun Instagramnya @arizapatria.

Dalam unggahan ulang tersebut, Ariza menulis bahwa ini bisa jadi masukan bagi Pemerintah Kota Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Terima kasih Mbak @indisaka telah mengampayekan bersepeda, belanja dari warga, sekaligus masukan juga bagi kami dan Dinas Lingkungan Hidup @dinaslhdki, hormat kami,” tulis Ariza.

Anda tertarik mencoba spot jajanan unik ini?

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga