Univ. Budi Luhur Inovasi Orientasi Pendidikan di Masa Pendemi Covid 19

Rektor Univ. Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM; Dep, saat membuka Ordik Univ. Budi Luhur di masa pandemi Covid-19 di Univ. Budi Luhur Jakarta.

Jakarta, Akuratnews.com - Senin 14 September 2020 Pemerintah Daerah Ibukota Jakarta, kembali melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kembali berimbas kepada sektor pendidikan. Di masa PSBB ini, dalam melakukan orientasi para mahasiswa baru di tahun ajaran 2020-2021, ada hal menarik yang dilakukan oleh Universitas Budi Luhur (UBL). Di mana nama virus yang telah mengegerkan dunia, menjadi nama yang dapat memotivasi untuk mencapai jenjang pendidikan terbaik.

Rektor Univ. Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM; Dep, dalam.paparannya menjelaskan, bagaimana menjadi mahasiswa harus merubah mindset. Orientasi Pendidikan (Ordik) UBL membagi empat, yakni Mindset dengan Merubah dari Pelajar ke Mahasiswa Univ. Budi Luhur pada masa pandemic Covid 19. Kedua Sistem Pendidikan, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagaimana Inovasi Univ. Budi Luhur dalam penerapan MBKM dan Keempat yakni Kiat Sukses Kuliah.

"Untuk inovasi merubah mindset Covid 19. Kita rubah menjadi C-nya adalah Colaborassion, O sebagai Opportunity, V adalah Value dan I adalah Integrated,  D adalah Digital Information dan 19 adalah cerdas berbudi luhur. Di mana 1 diartikan sebagai Inovasi dan 9 merupakan nilai-nilai kebudiluhuran," papar rektor dalam ordik secara online, Senin (14/9).

Lenih jauh dalam paparannya Rektor mengungkapkan, bagaimana ke depan akan ada perubahan-perubahan dalam pekerjaan. Akan banyak bidang pekerjaan yang hilang digantikan dengan pekerjaan-pekerjaan baru, yang saat ini sudah mulai terlihat.

"Mengartikan merdeka belajar Budi luhur dengan belajar secara e-learning yang didukung dengan fasilitas yang sudah cukup stabil untuk malayani mahasiswa dan dosen. Mahasiswa juga bisa memilih program pertukaran pelajar di dalam negeri maupun di luar negeri untuk program studi maupun di luar program study mereka," paparnya.

Dalam kondisi covid ini, masih kata Rektor hikmahnya mahasiswa atau siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif sehingga kreatifitas para siswa menjadi lenih baik.

"Kita tidak tahu kapan kondisi ini berakhir. Untuk itu anda dituntut untuk bersabar. Semoga anda dapat menjalani masa kuliah ini dengan sukses dan lancer," ujar Rektor kepada para mahasiswa baru.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga