Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman

Universal Acces 2019, Bupati Sidoarjo Benahi 33 Ribu Jamban

Bupati Saiful Ilah (tengah, berkopyah) didampingi Ketua DPRD, Sullamul Hadi Nurmawan bersama sejumlah pejabat, TPL dan warga setempat, seusai gelaran acara dialog sehat "Ngopi Samin" di Kedung Pandan, Jabon, Sidoarjo. (Foto: dok. akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna mewujudkan penataan lingkungan yang sehat, terutama sanitasi dan air minum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo telah merencanakan program percepatan pembangunan sanitasi permukiman (PPSP) sejak 2011 silam.

Hal itu dijelaskan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah dalam acara dialog sehat "Ngopi Samin (Ngobrol Pintar Sanitasi dan Air Minum)" bersama Tim Penyehatan Lingkungan (TPL) di Desa Kedung Pandan, Jabon, Sidoarjo.

"PPSP berupa pembenahan 33 ribu jamban sehat baru, Pemkab prioritaskan Sidoarjo wilayah barat, Krian dan Balongbendo serta wilayah timur, Porong dan Jabon. Sejauh ini, penataan lingkungan semakin baik. Termasuk, di tepi sungai terlihat jamban bersih," katanya di Sidoarjo, Kamis (1/8/2019).

Menurut Bupati, PPSP 2019 menargetkan universal acces terhadap sanitasi pengelolaan sampah dan layanan air bisa terealisasi seratus persen.

"Nah, untuk mencapai universal acces 2019 ini, Pemkab Sidoarjo melalui RPJMD mematok target layanan sampah dan limbah domestik terlaksana seratus persen," tandasnya.

Bupati berharap, sampah di Sidoarjo bisa dikelola secara baik dan optimal pada 2020 mendatang.

"Sesuai hasil lawatan saya ke Tiongkok beberapa waktu lalu. Di sana, saya membahas dan menjalin kerjasama terkait pengelolaan sampah. Saya tertarik dengan olahan sampah yang menghasilkan listrik berskala besar. Keinginan saya, hal itu bisa diterapkan di Sidoarjo," harapnya.

Acara "Ngopi Samin" tersebut, juga dihadiri Ketua DPRD, H. Sullamul Hadi Nurmawan, Kepala Dinas PerkimCKTR, Sulaksono, Camat Jabon, Moh. Azis Muslim dan sejumlah Kades di Jabon.*

Bupati Saiful Ilah (tengah, berkopyah) didampingi Ketua DPRD, Sullamul Hadi Nurmawan bersama sejumlah pejabat, TPL dan warga setempat, seusai gelaran acara dialog sehat "Ngopi Samin" di Kedung Pandan, Jabon, Sidoarjo.*

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga